Catat! Pemerintah Siapkan 3 Skenario Mudik Lebaran 2020

Minggu, 29 Maret 2020 – 12:03 WIB

Ilustrasi mudik/Catat! Pemerintah Siapkan 3 Skenario Mudik Lebaran 2020

Ilustrasi mudik/Catat! Pemerintah Siapkan 3 Skenario Mudik Lebaran 2020

JAKARTA, REQnews - Pemerintah sudah menyiapkan tiga skenario mudik lebaran 2020 di tengah wabah corona atau Covid-19 yang masih menggila di Indonesia.

Kebijakan mengenai mudik lebaran saat ini masih dibahas oleh pemerintah, dan akan diputuskan dalam waktu dekat. Juru Bicara Kemenko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyebut, ada 3 opsi atau skenario kebijakan mudik yang mempertimbangkan penyebaran virus corona.

Skenario Satu: Bussines as Usual with Physical Distancing

Artinya, masyarakat dipersilakan untuk melaksanakan mudik seperti biasa. Namun, dengan catatan harus tetap melakukan physical distancing sebagai protokol keselamatan yang benar untuk mencegah Covid-19.

Skenario Dua: Mudik Ditiadakan

Jika Covid-19 kian buruk di Indonesia, maka para perantau harus bersiap dengan larangan mudik. Pemerintah tak ingin penyebaran virus asal Wuhan ini makin meluas karena momen mudik lebaran yang akan terjadi pada Juni 2020 mendatang.

Skenario Tiga: Menanti Keputusan Presiden Joko Widodo

Jodi menyebut, masalah mudik ini belum final dan akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Apapun keputusan presiden, menurutnya semua untuk kepentingan rakyat.

"Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada presiden. Semua ini masih belum ada keputusan final menunggu kondisi penyebaran virus Covid-19. Pemerintah mengutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat termasuk menghadapi puasa dan hari Raya Idul Fitri," kata Jodi.