Alhamdulillah! Roro Fitria Sekarang Berhijab dan Khatam Alquran Selama di Penjara

Sabtu, 04 April 2020 – 21:03 WIB

Alhamdulillah! Roro Fitria Sekarang Berhijab dan Khatam Alquran Selama di Penjara (Foto: Istimewa)

Alhamdulillah! Roro Fitria Sekarang Berhijab dan Khatam Alquran Selama di Penjara (Foto: Istimewa)


JAKARTA, REQnews - Roro Fitria akhirnya bisa menghirup udara bebas setelah dua tahun mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu. Ia dinyatakan bebas bersyarat terkait kasus narkoba yang menimpanya.

Selama berada di balik jeruji, Roro menjadi lebih religius. Ia rajin mengikuti kajian dan membaca Alquran hingga berkali-kali khatam.

"Sudah (khatam Alquran) alhamdulillah berkali-kali, sudah lima kali," ujar Roro Fitria pasca bebas beberapa waktu lalu.

Penampilan Roro Fitria juga berubah. Ia menjadi lebih islami dengan mengenakan hijab.

"InsyaAllah ini saya sedang berusaha untuk berhijrah, saya mohon doanya supaya bisa istikamah baik di luar maupun di dalam penampilan saya. Jadi tidak hanya penampilan luar tapi inner tentang keagamaan juga sangat penting," jelasnya.

Roro Fitria pun menceritakan sedikit aktivitas yang dijalaninya selama hidup di penjara. Banyak sekali hal-hal bermanfaat seperti pembinaan, yang bisa ia jalani.

"Aktivitas ada yang bisa cuci baju, ada yang sarapan, ada yang mandi, setelah itu bisa kajian untuk yang beragama Islam. Yang beragama lain juga diberi fasilitas pembinaan agama," kata dia.

Roro Fitria dinyatakan bebas bersayarat pada Kamis 2 April 2020. Roro bebas lebih cepat dari masa hukumannya selama 4 tahun yang telah dijalaninya sejak Oktober 2018.

Pembebasan Roro ini merupakan bagian dari program Kementerian Hukum dan HAM yang memberikan kebebasan lebih dini bagi 300 narapidana dewasa dan anak-anak untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

Meski begitu ia diharuskan wajib lapor hingga Agustus 2020. Wajib lapor dilakukan melalui metode video call karena Indonesia sedang dalam masa social distancing.