Suami-Istri Mau Begituan Tapi Takut Corona? Ini Tips Dokter Boyke

Rabu, 08 April 2020 – 15:09 WIB

Ilustrasi/Suami-Istri Mau 'Begituan' tapi Takut Corona? Ini Tips Dokter Boyke

Ilustrasi/Suami-Istri Mau 'Begituan' tapi Takut Corona? Ini Tips Dokter Boyke

JAKARTA, REQnews - Buat kalian sepasang suami-istri, jangan khawatir tidak bisa melakukan hubungan seksual di tengah pandemi corona yang kini melanda. Ada kok cara-cara tertentu yang membuat aksi ranjang kalian tetap aman dilakukan di tengah mewabahnya Covid-19.

Menurut pakar Seksologi dr. Boyke Dian Nugraha, berhubungan seksual boleh saja dilakukan di tengah pandemi, tentu harus disertai kewaspadaan. Ia menegaskan, imbauan tidak melakukan hubungan badan suami-istri yang belakangan ini muncul terlalu berlebihan.

"Boleh ya, yang penting kedua-duanya saling menjaga. Artinya jangan sampai mereka tertular corona," kata dr. Boyke di Jakarta, Selasa 7 April 2020, seperti dikutip dari Republika.

Sebelum melakukan hubungan seksual, Boyke menyarankan para pasangan untuk membersihkan diri. Misalnya, seperti cuci tangan, mandi hingga keramas sebelum bersentuhan.

"Setelah dia bersih baru dia boleh menyentuh pasangan. Jadi boleh asal ikuti panduan saja, terutama bagi pasangan yang salah satunya masih ada pekerjaan di luar rumah," ujarnya.

Boyke menyebut, ia belum mendengar adanya kasus penularan corona melalui hubungan seksual. Ia menilai wajar jika selama masa social distancing suami istri akan lebih sering berhubungan seksual karena mendapatkan kualitas waktu bersama yang lebih.

Sebagai penyemangat bagi para pasangan suami-istri, Boyke berkata sudah banyak penelitian yang mendapati bahwa hubungan seksual membantu penyembuhan penyakit ringan, seperti flu dan pusing.

Dia menjelaskan, hubungan intim melepaskan hormon endorfin yang yang membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga meningkatkan imunitas tubuh.

"Jadi justru berhubungan seks itu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan bisa mengobati penyakit-penyakit ringan, itu kuncinya di situ," kata Boyke.