Mengenal Meningitis, Penyakit yang Sebabkan Glenn Fredly Meninggal

Rabu, 08 April 2020 – 20:31 WIB

Glenn Fredly

Glenn Fredly

JAKARTA, REQnews - Musisi Tanah Air Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu 8 April 2020 di RS Setia Mitra Jakarta pukul 18.00 WIB. Kabarnya, pelantun lagu Januari tersebut meninggal karena penyakit Meningitis.

Apa itu Meningitis? Seberapa bahaya bagi manusia?

Mengutip Alodokter, Meningitis adalah sejenis peradangan pada meningen atau lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Penuakit ini memiliki gejala seperti flu dan demam, namun sulit dikenali.

Banyak faktor penyebab Meningitis, seperti infeksi bakteri, virus, jamur dan parasit, serta melemahnya imun tubuh. Penyakit ini dapat menjangkit semua golongan usia dan menimbulkan komplikasi serta gagal ginjal.

Cara Mengobati

Penyakit ini dapat diobati, namun berbeda-beda caranya tergantung pada penyebabnya. Contoh, bila Meningitis disebabkan oleh kanker atau lupus, maka dokter akan memberikan obat antimikroba.

Tapi, tetap saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat. Anda sebaiknya tetap menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dari kuman penyebab Meningitis, seperti melakukan vaksinasi.