Viral! Ganti Penjelasan Kata 'Perempuan' Dalam KBBI!

Jumat, 17 April 2020 – 22:05 WIB

Viral! Ganti Penjelasan Kata 'Perempuan' Dalam KBBI! (Foto: Istimewa)

Viral! Ganti Penjelasan Kata 'Perempuan' Dalam KBBI! (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sebuah postingan tentang kaus bertuliskan definisi perempuan menjadi sorotan. Selain itu ada keterangan yang menyebutkan kata perempuan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) perlu diganti.

Orang dibalik penggagas kaus itu adalah Ika Vantiani. Pada 8 Maret 2020 lalu, saat Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day, Ika yang merupakan seorang seniman menyampaikan kritik soal definisi itu kepada pemerintah.

Ditelusuri dari akun Instagramnya, @vantiani, menurutnya, sejak edisi I hingga V, penjelasan 'perempuan' selalu terkesan tidak obyektif dan berlawanan dengan asal katanya sendiri.

"Selama lebih dari 30 tahun sejak edisi I terbit hingga edisi V (yang tercetak di kaos marching IWD saya), saya merasa cara kata ‘perempuan’ dijelaskan dengan perspektif misoginistik, termasuk dari kata turunan juga contoh kalimat yang ada di dalamnya," tulis Ika dikutip, Jumat 18 April 2020.

Menurut Ika, definisi mengenai perempuan dalam KBBI dinilai kurang tepat. Ia pun meminta agar definisi 'perempuan' diganti di edisi selanjutnya.

Mengenai kausnya yang viral itu, Ika berharap banyak orang yang mengetahui fakta tentang ketidaksesuaian definisi 'perempuan' di KBBI.

"Kami berharap semakin banyak orang yang mengetahui fakta ini, semakin banyak pula yang setuju bahwa penjelasan kata ‘perempuan’ dalam KBBI mesti diganti di edisi selanjutnya. Terima kasih untuk yang juga ikut dalam upaya kami ini!," kata dia.

Berikut definisi 'perempuan' dalam KBBI edisi I-V:

Edisi I

Edisi II

Edisi III

Edisi IV

Edisi V

Gimana menurut kamu?