IFBC Banner

Terungkap Warisan Albert Einstein, Nomor 4 Bikin Geleng Kepala

Minggu, 19 April 2020 – 21:05 WIB

Terungkap Warisan Albert Einstein, Nomor 4 Bikin Geleng Kepala (Foto: Istimewa)

Terungkap Warisan Albert Einstein, Nomor 4 Bikin Geleng Kepala (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Siapa yang tidak mengenal Albert Einstein, seorang fisikawan ternama asal Jerman yang disebut sebagai manusia paling jenius yang pernah hidup. Teorinya yang paling terkenal adalah E = mc2 yaitu suatu persamaan fisika yang kemudian membawa pengaruh besar bagi ilmuwan dunia.

Namun selepas kematiannya, Einstein tidak hanya meninggalkan berbagai macam teori keilmuan maupun surat-surat pemikirannya. Tapi ia juga meninggalkan beberapa macam warisan yang pernah ia gunakan pada masa hidupnya. Berikut daftarnya.

1. Papan Tulis

Setelah menemukan teori relativitas, ia mendapat julukan ‘Rokstar of  Science’ oleh para ilmuwan maupun mahasiswa yang menggeluti bidang sains. Kebetulan pada tahun 1930-an ia ditawari mengisi perkuliahan umum di Universitas Nottingham, Inggris.

Para mahasiswa dikumpulkan dalam satu kelas yang sama, dan Eisntein memberikan beberapa teori di perkuliahan umum. Karena belum ada proyektor maka digunakanlah papan tulis sebagai alat bantu Einstein saat perkuliahan berlangsung.

Papan tulis bersejarah itu dibiarkan terpajang di ruang kuliah C14, Fakultas Fisika, Universitas Nottingham tanpa ada secuil pun coretan Einstein yang hilang.

2. Kursi Observatorium

Para astronom maupun ilmuwan berapa kali datang ke Leiden Observatory untuk mengetahui ilmu tentang  ruang angkasa, salah satunnya Einstein. Ia memang tidak memiliki hubungan apa-apa dengan bidang astronomi, kunjungannya ke sana hanya untuk menemui temannya Willen de Sitter sebagai direktur observatorium.

Suatu waktu Einstein tinggal sementara di Leiden sehingga ia lebih sering datang ke Observatorium.  Saat di lab, ia sering duduk di kursi kecil berwarna biru yang sering  digunakan astronom saat teleskop di arahkan ke atas.

3. Sepotong Kapur

Saat memberikan perkuliahan singkat di Universitas Nottingham, Inggris, seorang koresponden bernama Harols Atkins menyimpan potongan kapur bekas pakai Einsteins sehabis kuliah umum.

Setelah kematian Einstein, pada 1980 kapur tersebut diperlihatkan lagi ke publik pas di hari ulang tahun Unviersitas Nottingham yang ke-50 tahun. Atkins menjaga kapur tersebut dengan baik bahkan ia menyimpannya di dalam brankas.

4. Wastafel di Leiden

Peninggalan yang satu ini memang cukup unik. Wastafel yang terletak di ruang Laboratorium Kameling Onnes, Departemen Fisika, Universitas Leiden, pernah digunakan beberapa kali oleh Einstein untuk mencuci tangan selesai memberikan perkuliahan.

Lalu wastafel berserta papan tulis, meja yang digunakan Einstein di pindah ke ruang Laboratorium baru di De Sitterzaal. Kalau ingin melihat westafel tersebut bisa langsung datang ke gedung Huygens di Nielsbhorweg 2, di belakang ruang kuliah besar.

Pemindahan tersebut atas permintaan beberapa mahasiswa dan para staf lama yang bersikeras ingin menjaga wastafel tersebut. Maka dibuatlah petisi yang telah ditandatangani sekitar 200 orang. (Anita/RyV)