Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Anjing Kintamani Diakui Dunia Sebagai Anjing Asli Indonesia.

Senin, 15 April 2019 – 16:30 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

BALI, REQNews - Fédération Cynologique Internationale (FCI), organisasi internasional untuk perlindungan dan pengembangan semua trah dan galur murni anjing di dunia, secara resmi mengakui Anjing Kintamani Bali sebagai satu trah tersendiri anjing asli Indonesia. 

Dengan demikian, Anjing Kintamani Bali merupakan anjing trah asli Indonesia pertama yang memperoleh pengakuan dunia. 

“Pengakuan ini berarti FCI secara resmi mengumumkan ke seluruh dunia bahwa Anjing Kintamani Bali adalah satu trah anjing tersendiri dan bahwa Anjing Kintamani Bali adalah anjing asli Indonesia,” ujar Ketua Umum Indonesia Kennel Klub (IKK) Benny Kwok. 

Dengan pengakuan ini maka Anjing Kintamani Bali berhak mengikuti sejumlah kompetisi dan show anjing tertentu di tingkat internasional. Selain itu, dokumen kelahiran dan silsilah setiap Anjing Kintamani Bali juga berhak ditandai dengan logo FCI. 

Menurut Benny Kwok, proses untuk memperoleh pengakuan FCI butuh waktu lama. Sebab, FCI terkenal sebagai organisasi yang sangat ketat. 

Pengakuan resmi FCI tersebut dituangkan dalam sebuah surat yang dikirim oleh Direktur Eksekutif FCI Yves De Clercq kepada IKK. Benny juga menyerahkan surat pengakuan itu kepada Gubernur Bali Wayan Koster. 

Setelah mendapat pengakuan resmi, FCI akan terus memonitor perkembangan Anjing Kintamani Bali selama 10 tahun untuk mendapatkan kualitas yang setara dengan anjing yang sudah diakui dunia lainya. Jika trah ini menunjukkan perkembangan positif baik dari segi jumlah maupun kualitas, maka statusnya pun akan dinaikkan lagi. 

Sebelum mendapatkan pengakuan dunia, Benny mengungkapkan rasa kecewanya ketika anjing Kintamani dijual dengan harga murah berkisar Rp 200.000 sampai Rp 300.000 saja.Namun dengan adanya pengakuan ini, anjing Kintamani bisa dijual dengan harga Rp. 3 Juta sampai Rp. 5 Juta untuk anak anjing. (nls)