Amien Rais : Jokowi-Luhut Paling Bertanggungjawab atas Ketidakadilan di Indonesia

Kamis, 21 Mei 2020 – 21:33 WIB

Amien Rais : Jokowi dan Luhut yang Paling Bertanggungjawab atas Kondisi Indonesia

Amien Rais : Jokowi dan Luhut yang Paling Bertanggungjawab atas Kondisi Indonesia

JAKARTA, REQnews - Politikus senior Amien Rais mengungkapkan keprihatinannya terkait ketidakadilan yang terjadi di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Pernyataan tersebut diungkapkannya dalam kanal Youtube Refly Harun, Selasa 12 Mei 2020.

Amien mengatakan bahwa pekerjaan pemerintahan saat ini sangat kacau dan untuk perbaikannya pun dirasa sangat berat.

Meski begitu, dirinya berharap Jokowi mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik tanpa meninggalkan beban berat untuk masa pemerintahan saat ini.

"Kalau objektif memang sudah berat sekali, jadi sudahlah menurut saya sudah berat sekali," ujarnya.

"Tetapi saya mendoakan jangan sampai Pak Jokowi nanti mengakhiri jabatan keadaan makin hancur, kasihan yang meneruskan," lanjutnya.

"Jadi saya berharap Pak Jokowi terus bertahan," katanya.

 Ia juga mengatakan, pengadilan hukum cuma menyasar kepentingan orang-orang yang kuat. Bila persoalan ini tak kunjung diselesaikan, maka kehancuran akan tiba.

Terkait hal itu, ia lantas mengutip peryataan Rasulullah soal kehancuran yang bakal dialami suatu bangsa jika hukum tak ditegakkan secara adil.

"Karena kalau hukum itu selalu tumpul ke atas dan tajam ke bawah, membela yang kuat dan yang kata. Kata nabi, tunggulah kehancuran," katanya.

Mantan Ketua MPR ini juga secara terang-terangan membeberkan bahwa saat ini hanya ada dua sosok tokoh pemerintah yang saat ini paling bertanggung jawab.

Mereka adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Ia menganalogikan peran dari Jokowi dan Luhut seperti dua mata orang pada satu sisi. Maka dari itu, Amien Rais menyebut mustahil Luhut akan dilepas dari jabatannya di pemerintahan.

Luhut dinilai sudah menjadi satu kesatuan dalam pemerintah Jokowi. Dirinya pun mengatakan dua tokoh itulah yang bisa dikatakan paling bertanggung jawab, khususnya dibandingkan dengan pejabat lainnya.

 

Amien juga menganjurkan agar saat ini semua orang perlu melakukan transformasi moral, ketimbang melakukan transformasi politik dan ekonomi. "Memang untuk melakukan transformasi sosial, politik, ekonomi, terlebih dulu transformasi moral," ujarnya.

Mantan Ketua PAN ini juga menyoroti pentingnya mengendalikan hawa nafsu. Menurut dia, hawa nafsu menjadi hal yang bisa menghalangi kebaikan di masa depan.

"Dan ini benar, kalau hawa nafsu sudah kita taklukan, kita diajak bersedekah, diajak menolong orang kecil yang kelaparan, diajak menyambung nyawa mempertahankan kedaulatan, diajak untuk apapun menjadi enteng," katanya.

"Tapi kalau hawa nafsu dipenuhi dengan keduniaan, ya kita masih belum melihat sinar di ujung terowongan."

Amien Rais pun mengimbau seluruh masyarakat meneladani tokoh-tokoh perjuangan seperti Bung Karno, Bung Hatta dan KH Agus Salim.

"Makanya memang kita harus tahan uji, jadi kita kembalilah mempelajari kembali bagaimana ajaran mereka. Mereka berani bertempur, mereka dengan anak panah dan senjata kecil-kecilan menghadapi Belanda tapi akhirnya menang," ujarnya. (Bins)