Catat, Ini 4 Hal yang Tak Boleh Kamu Lakukan saat Idul Fitri

Minggu, 24 Mei 2020 – 08:07 WIB

Ilustrasi Idul Fitri

Ilustrasi Idul Fitri

JAKARTA, REQnews - Alhamdulillah, setelah berpuasa 30 hari, umat Muslim sampai pada hari kemenangan, Idul Fitri.

Tapi di momen lebaran ini, bukan hanya hal-hal yang membahagiakan saja yang harus kamu kerjakan. Ada juga lho larangan-larangan yang tak boleh kamu lakukan saat Idul Fitri.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 4 hal yang dilarang saat momen Idul Fitri.

1. Berpuasa

Sudah cukup 30 hari saat Ramadan saja, jangan dilebih-lebihkan ya puasanya. Terutama saat Idul Fitri, umat Islam dilarang berpuasa, sebaimana Rasulullah Muhammad SAW tidak memperbolehkannya.

"Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.” (Diriwayatkan oleh Abu Hurairah).

2. Berlebihan saat Makan

Saat Idul Fitri, pasti banyak makanan ya. Tapi, ingat, Islam melarang keras makan dan minum secara berlebihan. Selain tak baik untuk kondisi kesehatan fisik dan jiwa, di luar sana masih banyak saudara-saudara Muslim lainnya yang tak bisa makan saat Idul Fitri.

3. Main Petasan

Kalau kalian punya anak, adik, keluarga atau teman yang hobi main petasan saat Idul Fitri, sebaiknya diingatkan agar tidak melakukan itu. Pasalnya, main petasan itu termasuk pemborosan dan buang-buang uang. Allah SWT berfirman:

"Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan." (QR Al Isra: 26-27)

4. Melupakan Salat dengan alasan Silaturahmi

Lebaran adalah momen silaturahmi. Biasanya, banyak orang mengulur-ulur, bahkan sampai lupa waktu salat karena alasan sedang silaturahmi. Ini jelas dosa besar.

Nah, kali ini di masa pandemi, sebagaimana anjuran pemerintah untuk di rumah saja dan silaturahmi virtual, maka tak ada lagi alasan untuk mengulur-ulur waktu salat atau meninggalkannya.