Cek Fakta Megawati dan Jokowi Potong Tumpeng di Meja Berlogo PKI

Minggu, 31 Mei 2020 – 13:01 WIB

Cek Fakta Megawati dan Jokowi Potong Tumpeng di Meja Berlogo PKI

Cek Fakta Megawati dan Jokowi Potong Tumpeng di Meja Berlogo PKI

JAKARTA, REQnews -  Lini masa media sosial kembali diramaikan isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia. Bahkan isu itu disisipkan literasi dan foto Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) bersama Presiden Joko Widodo tengah memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI.

Adalah akun facebook Jarjit Khan yang mengunggah kabar tidak bertanggung jawab tersebut. Selain gambar, Jarjit Khan menyematkan sebuah narasi yang seakan-akan menggiring opini publik untuk percaya.

"Nah lo," demikian bunyi narasi yang diunggah pengguna Facebook Jarjit Khan pada 29 Mei 2020.

Menurut tim cek fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), foto itu adalah palsu atau hoaks. Sebab ditemukan bekas suntingan orang yang tidak bertanggung jawab.

Melansir dari Halaman Facebook Indonesian Hoaxes, ditemukan fakta bahwa foto Presiden Joko Widodo dan Mantan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri memotong tumpeng di atas meja berlogokan PKI adalah hasil rekayasa.

Foto asli adalah hasil jepretan seorang jurnalis nasional bernama Widodo S Jusuf dari Kantor Berita Antara. Lebih detail, foto asli itu berbicara tentang acara perayaan Hari Ulang Tahun Ke-41 PDI Perjuangan di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2014.

Sejumlah tokoh terkait nampak hadir dalam foto tersebut, di antaranya Joko Widodo (Jokowi), Puan Maharani, dan Tjahjo Kumolo. Pada Januari 2014 diketahui Joko Widodo belum menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Namun, foto itu sudah digunakan oleh beberapa media sebagai bagian dari pemberitaan acara tersebut. Berikut unggahan foto yang sebenarnya tanpa di edit.


Artinya, klaim narasi yang menyebutkan Megawati Soekarnoputri dan Jokowi terkait dengan organisasi terlarang PKI adalah keliru alias berita hoaks.