Duh Raffi Ahmad, Punya 10 Kulkas Tapi Ngeluh Listrik Mahal

Rabu, 03 Juni 2020 – 19:03 WIB

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

JAKARTA, REQnews - Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengeluh kepada PLN, bahwa biaya listrik di rumahnya sangat mahal. Ia harus membeli token listrik senilai Rp 1 juta untuk dipakai dua hari, dengan total sebulan bisa mencapai Rp 15 juta.

Akhirnya, pada Rabu 3 Juni 2020, petugas PLN datang ke kediaman Raffi di Kawasan Green Andara Residence. Saat mengecek rumahnya, PLN akhirnya tahu apa yang menyebabkan konsumsi listrik di kediaman Raffi sangat tinggi.

Ternyata, dari pengakuan Nagita Slavina, ia di rumahnya memiliki kulkas dengan jumlah 10 unit. Wow.

Menurut Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ciputat, Sigit Arimurti, sebenarnya konsumsi listrik di rumah Raffi masih dalam batas wajar, mengingat ayah dari Rafatar tersebut memiliki banyak peralatan elektronik lainnya.

Sigit menyebut tingginya biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan atas nama Raffi Ahmad dengan daya listrik 33 ribu VA atau 33 kVA dikarenakan beban pemakaian listrik atau konsumsi listrik yang tinggi juga.

"Bisa jadi karena banyak peralatan elektronik dengan daya besar," kata Sigit, Rabu 3 Juni 2020.

Untuk masalah ini, Sigit menyarankan Raffi membeli token listrik sejumlah pemakaian sebulan, daripada harus terus-terusan menginput nomor listrik berkali-kali.

Kemudian, Raffi juga mengeluh soal listrik di rumahnya yang sering naik-turun. PLN kemudian melakukan pengecekan terhadap panel listrik dan mengetahui sebabnya.

Hasil dari pemeriksaan tersebut, petugas menemukan bahwa listrik rumah Raffi sering turun dikarenakan alat bernama MCB (Miniature Circuit Breaker) pada panel listrik pelanggan overload karena pembagian beban listrik yang tidak merata.

Dikarenakan batas kewenangan PLN untuk pasokan listrik pelanggan hanya sampai ke kWh meter, petugas PLN merekomendasikan pasangan tersebut untuk menghubungi instalatur resmi yang tersertifikasi dan terdaftar dalam Asosiasi Kontraktor Listrik untuk melakukan perbaikan pada instalasi rumah pelanggan.