Wajib Baca! Ini Analisis Anji soal UU yang Dilanggar Kekeyi

Minggu, 07 Juni 2020 – 14:31 WIB

Kekeyi Dituding Plagiat, Analisis Anji soal Undang-undang yang Dilanggar (Foto: Istimewa)

Kekeyi Dituding Plagiat, Analisis Anji soal Undang-undang yang Dilanggar (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Beauty vlogger Rahmawati Kekeyi terseret kasus plagiarisme. Lagu ciptaannya yang berjudul 'Keke Bukan Boneka' mirip dengan lagu Rinni Wulandari 'Aku Bukan Boneka'.

Hal tersebut dikarenakan ada bagian lirik dalam lagu ciptaan Kekeyi yang mirip dengan lagu yang pernah dipopulerkan Rinni beberapa tahun silam. Bagi yang sudah mendengar singel debut Kekeyi pastinya tahu bagian "Keke bukan boneka, boneka" yang dinilai sebagai awal masalah tesebut.

Gegara masalah ini, video klip 'Keke Bukan Boneka' sempat lenyap karena dianggap melanggar hak cipta, meski akhirnya bisa kembali.

Sebagai musisi, Anji, mantan vokalis band Drive, menjelaskan hasil analisisnya terhadap lagu Kekey.

"Memang sebagian dari lagu 'Keke Bukan Boneka' sangat identik dengan lagu 'Aku Bukan Boneka' yang diciptakan oleh Novi Umar dan dinyanyikan Rini Wulandari. Menurut pengakuan Kekey, dia tidak menjiplak lagu itu," ungkap Anji dalam vlog terbarunya pada Jumat 6 Juni 2020.

"Masalah plagiarisme ini memang cukup pelik. Ada yang bilang kalau sama delapan bar baru dibilang plagiat. Ada yang bilang empat bar. Ada juga yang bilang dua bar juga bisa disebut plagiat," katanya.

Lebih lanjut, Anji mengungkapkan bahwa tindakan plagiarisme ada dalam Undang-Undang RI nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. Rupanya ada ketentuan baru dalam Undang-undang Hak Cipta tahun 2014 yang membuat lagu Kekey memenuhi unsur plagiarisme.

"Kalau saya enggak salah, di Pasal 44 Ayat (1), di situ menggunakan ukuran kualitatif. Artinya, dinilai dari bagian lagu yang substansial atau menjadi ciri khas dari lagu yang dimaksud," papar Anji.

"Jika mengacu pada hal ini, yang dimaksud Novi Umar adalah benar karena bagian dari lagu Kekey yang menurut dia sangat mirip dengan lagunya adalah bagian lagu yang menjadi ciri di lagu Aku Bukan Boneka. Ya di bagian itu, 'Keke bukan boneka, boneka, boneka,' itu sama kayak 'Aku bukan boneka, boneka, boneka'."

Meski demikian, Anji menilai bagian tersebut tak bersifat inti dalam lagu ciptaan Kekey yang lebih menonjolkan bagian chorus atau reff-nya.

Lebih lanjut, pelantun 'Dia' itu pun memberikan solusi agar masalah tersebut tak berkepanjangan, sehingga bisa membahayakan musisi lain yang merilis lagu.

"Kedua belah pihak bisa saja akhirnya berbagi hasil berdasarkan berapa banyak bagian lagu yang dianggap sama. Jika tidak terjadi kesepakatan nih, ya melalui jalur hukum," ujar Anji.

"Di persidangan juga harus menghadirkan saksi-saksi ahli yang mengerti tentang kaidah-kaidah dalam musik. Setelah bisa dibuktikan, barulah akan diputuskan apakah benar lagu tersebut mirip."