7 Hal yang Wajib Diketahui Soal New Normal Versi SE Menteri Perdagangan

Minggu, 07 Juni 2020 – 16:32 WIB

7 Hal yang Wajib Diketahui Soal New Normal Versi SE Menteri Perdagangan

7 Hal yang Wajib Diketahui Soal New Normal Versi SE Menteri Perdagangan

JAKARTA, REQnews - Pada masa pandemic dan penanganan virus COVID-19 ini, pemerintah menitik beratkan perhatian kepada kebutuhan masyarakat dalam bidang ketersediaan dan kelancaran distribusi barang dan jasa.

Pada tanggal 28 Mei 2020 lalu dikeluarkan Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan Yang Dilakukan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan New Normal oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia yang ditujukan kepada gubernur dan bupati di seluruh Indonesia.

Nah, simak 7 hal yang kalian perlu ketahui mengenai New Normal yang dimaksud dalam SE Menteri Perdagangan tersebut:

1.     SE tersebut mengatur mengenai perdagangan di bidang kebutuhan masyarakat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi penyelenggara kegiatan perdanganan demi memutus mata rantai penularan COVID-19.

2.     Kegiatan perdangan yang diatur mencangkup pasar rakyat, toko swalayan, restoran atau rumah makan maupun warung makan, toko obat ataupun alat kesehatan, mall atau pusat perbelanjaan, restoran di rest area, salon/spa, tempat hiburan termasuk kebun binatang, museum dan galeri seni.

3.     Memastikan semua pegawai dan pengelola perusahaan maupun toko negatif COVID-19 berdasarkan bukti hasil tes PCR/Rapid Test serta menggunakan masker, face shield dan sarung tangan selama beraktifitas.

4.     Melarang orang dengan gejala pernapasan seperti batuk/flu/sesak untuk masuk ke toko.

5.     Mewajibkan pelanggan yang memasuki area perdagangan menggunakan masker dan dilakukan pengukuran cek suhu tubuh tidak lebih dari 37,3°C.

6.     Menjaga jarak antrian sekitar 1,5 meter antara pengunjung satu dengan yang lainnya serta himbauan untuk melakukan pembayaran secara non tunai.

7.     Menyediakan tempat pencuci tangan, sabun dan hand sanitizer, serta melakukan penyemprotan disinfektan berkala dalam area kegiatan pedagangan.

So, 7 hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan keharusan baru nih dalam kegiatan perdagangan selama masa COVID-19. Namun akan lebih baik apabila kalian tidak keluar rumah jika tidak ada keadaan mendesak gaes. Harapannya untuk mencegah dan memutuskan mata rantai COVID-19.