3 Aksi Sujud Nangis Wali Kota Risma yang Viral

Senin, 29 Juni 2020 – 13:32 WIB

3 Aksi Sujud Nangis Wali Kota Risma yang Viral (Foto: TribunMadura)

3 Aksi Sujud Nangis Wali Kota Risma yang Viral (Foto: TribunMadura)

JAKARTA, REQnews - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali melakukan aksi sujud sambil menangis. Kali ini Risma sujud dua kali di hadapan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Aksi ini terjadi saat audiensi bersama IDI Jatim dan IDI Surabaya di Balai Kota Surabaya, Senin 29 Juni 2020. Awalnya Risma mendengarkan keluhan dari para dokter yang ada di rumah sakit rujukan di Surabaya.

Lalu Ketua Pinere RSU dr Soetomo, dr Sudarsono menyampaikan, rumah sakitnya overload pasien COVID-19 karena masih banyak warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Mendengar itu, Risma mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa masuk ke rumah sakit milik Pemprov Jatim seperti RSU dr Soetomo.

"Kami gak terima. Karena kami gak bisa masuk ke sana (RSU dr Soetomo)," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Senin 29 Juni 2020.

Risma menegaskan, pihaknya sudah berulang kali berkomunikasi dengan RSU dr Soetomo. Namun hasilnya tetap nihil. Bahkan menurutnya, bantuan dari pemkot sempat ditolak RSU dr Soetomo. Seperti bantuan APD.

"Tolonglah kami jangan disalahkan terus. Apa saya rela warga saya mati, kita masih ngurus jam 03.00 pagi orang meninggal yang warga bukan Surabaya. Kami masih urus. Saya memang goblok, saya gak pantas jadi wali kota," kata Risma sambil menangis.

Sebagai informasi, aksi sujud di hadapan orang ini bukan pertama kali dilakukan Risma. Pada 16 Mei 2018 silam, Risma pernah sujud di hadapan para takmir.

Awalnya, Risma mempercepat langkahnya dan behenti di salah satu takmir masjid. Dia sesaat sujud di hadapan takmir tersebut.

Ratusan takmir masjid yang hadir dalam pertemuan itu terheran-heran atas sikap Wali Kota Risma. "Ada apa, ada apa. Kok sampai sujud Bu Wali begitu," reaksi para takmir yang hadir.'

Risma yang tampak lelah dengan suara mulai serak dikagetkan dengan pertanyaan Muhammad Tohir, salah satu Takmir Masjid Masyitoh Mulyorejo. "Kenapa undangan ini berbunyi pembinaan takmir. Salah kami sebagai takmir apa," kata Tohir.

Aksi sujud Risma melihat para takmir tidak percaya dengan apa yang mereka lihat. "Saya mohon maaf. Undangannya mendadak," kata Risma.

Mendengar permintaan maaf ini, semua hadirin terdiam.

Risma pun kembali melakukan sujud dalam acara pembagian beasiswa bersama Astra pada 2 Januari 2020. Bahkan Risma sampai bersujud dan berurai air mata lantaran terharu apa yang menjadi keinginannya terwujud.

Meski sedang menyampaikan sambutan dari atas podium, Risma melakukan sujud sebagai bentuk terima kasih dirinya. Pun Risma mengaku rela nyemplung sungai jika diperlukan.