Viral! Rektor Uniba Solo Bugil Setengah Badan di Hadapan Mahasiswa dan Dosen

Rabu, 01 Juli 2020 – 11:31 WIB

Viral! Rektor Uniba Solo Bugil Setengah Badan di Hadapan Mahasiswa dan Dosen

Viral! Rektor Uniba Solo Bugil Setengah Badan di Hadapan Mahasiswa dan Dosen

JAKARTA, REQnews - Aksi damai civitas akademika Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, Jawa Tengah, berujung peristiwa sang rektor melucuti kemeja batiknya pada Selasa 30 Juni 2020. Rektor yang diketahui bernama Pramono Hadi ini pun menyatakan mundur dari jabatannya.

"Saya menyatakan mundur hari ini. Mohon nanti ada tanda tangannya supaya semuanya jelas secara legal formalnya. Juga disaksikan alumni, mahasiswa, dosen dan juga karyawan," kata Pramono dalam orasinya.

Diketahui, massa aksi terdiri dari mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni itu menuntut transparansi pengelolaan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Solo sudah terjadi sejak 2018.

"Sampai 2020 ini mahasiswa menyatakan sikap ternyata yang menjadi sumber permasalahannya adalah yayasan. Bukan di rektorat, ataupun juga yang lain. Kenapa bisa seperti itu? Unit yang lain diintervensi dari yayasan. Sehingga kami tidak bisa menjalankan sebagaimana fungsinya sesuai dengan aturan, tata kelola yang ada," kata Pramono.

Pramono mengatakan bahwa aksi tersebut merupakan puncak dari sebuah aksi dari semua unit, semua elemen baik mahasiswa, alumni, dosen, karyawan termasuk pimpinan. "Dan hari ini pun saya Rektor UNIBA bersama WR (wakil rektor) A dan WR B menyatakan sikap bahwa kami mundur sebagai langkah etika rektorat bahwa tata kelola telah gagal. Rektorat menyatakan mundur mulai hari ini," ujarnya.

Meski mundur, ia pun berjanji akan memperjuangkan aspirasi dari aliansi semua elemen. Baik transparansi anggaran, bebaskan KKN dari yayasan, kembalikan ke aturan yang benar, tidak intervensi, dan tuntutan yang lain.

:Karena yayasan merupakan institusi penyelenggara pendidikan tinggi. Kami rektorat hanya menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata dia.