Viral Rieke Diah Pitaloka Tampil dengan Pakaian Terbuka Usai Dicopot, Benarkah?

Minggu, 12 Juli 2020 – 08:30 WIB

Viral Rieke Diah Pitaloka Tampil dengan Pakaian Terbuka Usai Dicopot, Ini Faktanya

Viral Rieke Diah Pitaloka Tampil dengan Pakaian Terbuka Usai Dicopot, Ini Faktanya

JAKARTA, REQnews - Nama politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka jadi buah bibir masyarakat beberapa hari terakhir ini. Setelah tak lagi menjabat pimpinan Badan Legislasi (Baleg DPR RI), Rieke justru diisukan mengenakan pakaian terbuka. 

Informasi itu disebar sebuah akun di Facebook. Adalah akun Dink Uno yang memposting foto Rieke Diah Pitaloka dengan narasi bahwa politisi PDIP tersebut di foto dengan pakaian terbuka setelah dicopot dari jabatannya. 

"Bugil lagi setelah dipecat, " tulis Dink Uno pada 8 Juli lalu. 

Setelah ditelusuri, foto tersebut ternyata foto yang sudah pernah beredar sejak tahun 2008 silam.

Mengutip Mafindo, foto tersebut pernah digunakan dalam artikel salah satu media berita online Indonesia dengan judul 'Bela Rakyat 'Oneng' Batal Kuasai Bandung yang pernah ditayangkan pada 30 Mei 2008

Sementara mengenai jabatannya Rieke Diah Pitaloka diketahui hanya diganti posisinya sebagai Pimpinan di Badan Legislasi (Baleg DPR RI), bukan dipecat atau dicopot.

Bahkan menurut laman dpr.go.id, Rieke masih tercatat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dengan nomor anggota 170.

Sebelumnya, anggota fraksi PDIP DPR RI Hendrawan Supratikno angkat bicara dan menjelaskan pencopotan jabatan terhadap Rieke. Ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan rotasi biasa.

"Saya dengar hal yang sama (pergantian Rieke dari pimpinan Baleg DPR RI). Bisa dicek kepada pimpinan Baleg DPR atau pimpinan Fraksi PDIP DPR RI," kata Hendrawan Supratikno.

Rotasi yang terjadi di Fraksi PDIP DPR RI merupakan hal lumrah yang biasa terjadi. Misalnya, dirinya dirotasi dari anggota Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) menjadi anggota Baleg.

Sementara Sekretaris Fraksi PDIP di DPR Bambang Wuryanto mengatakan, setelah dicopot, Rieke akan konsentrasi secara penuh di Komisi VI. Dia belum akan dirotasi ke salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pasca dirotasi dari Baleg DPR.

Menurutnya, Rieke dibutuhkan untuk mengawal isu BUMN. Artinya, dapat ditarik kesimpulan postingan Facebook tersebut tidak benar alias hoaks. Sebabnya, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.