Viral Jokowi Perintahkan Prabowo Bubarkan FPI dan Kadrun, Apa Benar?

Rabu, 15 Juli 2020 – 07:32 WIB

Benarkah Jokowi Perintahkan Prabowo Bubarkan FPI dan Basmi Kadrun?

Benarkah Jokowi Perintahkan Prabowo Bubarkan FPI dan Basmi Kadrun?

JAKARTA, REQnews - Beredar informasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membubarkan ormas FPI dan basmi kadal gurun. Narasi itu diunggah pertama kali oleh seorang pengguna Facebook, Mas Kaji Bambang pada Senin 13 Juli kemarin. 

Postingan itu pun menarik perhatian netizen lantaran kedua tokoh itu terlihat seperti sedang berdiskusi. Tak cuma itu, unggahan itu juga ditampilkan layaknya komik, lengkap dengan balon percakapan.

Berikut narasi unggahan Facebook itu:

Prabowo    : Tugas saya apa pak?

Jokowi       : Tugas pertamamu bubarkan FPI dan basmi kadal gurun

Prabowo    : Siap.

Benarkah Presiden Jokowi menugaskan Menhan Prabowo untuk membubarkan Front Pembela Islam (FPI)?

Berdasarkan penelusuran tim REQ Fakta, tidak ditemukan rekam jejak pemberitaan di media arus utama manapun, yang menyatakan Presiden Jokowi pernah menugaskan Menhan Prabowo untuk membubarkan FPI.

Sementara untuk foto yang digunakan, bersumber dari Sekretariat Presiden, yang juga dipublikasikan ANTARA FOTO pada 16 Oktober 2017.

Dalam keterangan foto yang asli, disebutkan Presiden Jokowi saat itu sedang berbincang dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Tidak hanya berdua, momentum pada 2017 itu juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dijelaskan pula gambar itu diambil seusai pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Istana Negara, Jakarta, pada 16 Oktober 2017.

Fakta

Dari sejumlah fakta yang didapat, pengguna Facebook itu mengunggah foto tersebut setelah melalui tahap penyuntingan. Selain itu, ilustrasi percakapan antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo juga berisi informasi bohong atau hoaks.

Apalagi saat foto tersebut diambil, Prabowo Subianto belum mengemban jabatan sebagai Menteri Pertahanan RI. Prabowo dilantik sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019, atau dua tahun setelah foto tersebut dipublikasikan. 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

Referensi:

https://www.merdeka.com/peristiwa/jk-beberkan-guyonan-antara-jokowi-dan-prabowo-di-istana.html

https://kabar24.bisnis.com/read/20191111/15/1168947/perintah-pertama-jokowi-ke-prabowo-jangan-korupsi

http://archive.today/00jUF