IFBC Banner

Heboh Foto Rizieq Shihab Ditangkap Usai Setubuhi Kambing, Fakta?

Minggu, 19 Juli 2020 – 14:00 WIB

Heboh Rizieq Shihab Ditangkap Usai Setubuhi Kambing, Apa Benar?

Heboh Rizieq Shihab Ditangkap Usai Setubuhi Kambing, Apa Benar?

JAKARTA, REQnews - Media sosial kembali diramaikan dengan kemunculan foto pentolan FPI Rizieq Shihab. Dalam foto yang viral itu, Rizieq tampak mengenakan baju tahanan berwarna oranye.

IFBC Banner


Parahnya, postingan itu bernarasikan bahwa Rizieq diamankan oleh polisi usai menyetubuhi seekor kambing. Adalah akun Facebook Joko Sumantri yang memposting pertama foto tersebut.

Joko juga menyematkan tulisan yang berbunyi 'Berhubungan seks dengan kambing, pria asal Yaman ditangkap polisi'.

Isi narasi unggahan akun Facebook tersebut, "Astaga. Apa yang kau perbuat, Zik. Hik hik hik. Sungguh memalukan".

Pertanyaannya, benarkah foto yang diklaim sebagai Rizieq Shihab itu.Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id, klaim yang menyebut Rizieq Shihab ditangkap polisi usai berhubungan seks dengan seekor kambing adalah klaim yang salah.

Foto tersebut merupakan foto hasil suntingan alias editan, bukan Rizieq Shihab sesungguhnya. Sedangkan foto aslinya merupakan foto Jonru Ginting yang mengenakan baju tahanan dan celana pendek. Saat itu, Jonru digiring oleh penyidik Polda Metro Jaya pada 2017.

Pada bagian kepala Jonru Ginting, ada orang yang tak bertanggungjawab mengganti wajah Jonru dengan Rizieq Shihab. Dalam kasus tersebut, Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menetapkan Jonru sebagai tersangka atas kasus ujaran kebencian pada 29 September 2017.

Selain itu, tidak ada informasi yang memberitakan terkait seorang pria asal Yaman melakukan hubungan seks dengan seekor kambing kemudian ditangkap polisi.

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Rizieq Shihab ditangkap polisi usai berhubungan seks dengan seekor kambing adalah klaim yang salah. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi dan berita bohong alias hoaks.