IFBC Banner

Jadi Masjid, Begini Nasib Gli Kucing Berjuluk Ratu di Hagia Sophia

Minggu, 26 Juli 2020 – 18:03 WIB

Gli kucing cantik di Hagia Sophia(Foto:Istimewa)

Gli kucing cantik di Hagia Sophia(Foto:Istimewa)

 

IFBC Banner


TURKI, REQNews - Sekor kucing penjaga bernama Gli yang sudah 16 tahun mendiami Hagia Sophia menyedot perhatian publik yang mengkhawatirkannya setelah Hagia Sophia menjadi sebuah masjid.

Gli adalah kucing betina yang telah lama menghuni Hagia Sophia. Ia sudah 16 tahun tinggal di bangunan bersejarah itu. Saking terkenal dan dipuja, Gli mendapat julukan "Ratu". Ia sering dicari berbagai pelancong yang datang ke sana.

Perubahan fungsi ini sempat memunculkan pertanyaan akan nasib Gli selanjutnya. Akan tetapi, Juru Bicara Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin, memastikan kucing berbulu abu kehijau-hijauan itu akan tetap berada di Hagia Sophia.

"Kucing itu telah menjadi sangat terkenal dan ada pula kucing lainnya yang belum seterkenal dia. Kucing itu akan tetap berada di sana dan semua kucing diterima secara terbuka di masjid kami," kata Kalin dilansir dari Reuters, Sabtu, 25 Juli 2020.

Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya, mengunggah foto Gli di akun Twitter-nya sebelum salat Jumat pertama di Hagia Sophia setelah 86 tahun berfungsi sebagai museum.

"Gli sangat bahagia dengan hidupnya. Jangan khawatir," cuit Ali disertai gambar Gli yang tengah tertidur di Hagia Sophia.

Banyak penggemar Gli dari berbagai negara. Ada 55 ribu pengikut Gli di akun @hagiasophiacat, yang dibuat Umut Bahceci, seorang pemandu wisata lokal.

"Saya mulai memperhatikan Gli setiap kali saya datang ke Hagia Sophia, karena Gli selalu bergaya di depan orang-orang seperti seorang model," ujar Umut.

"Bahkan saya mendapat pesan dari orang-orang yang mengatakan akan datang (ke Turki) untuk menemui Gli. Itu perasaan yang menyenangkan."