Miris, 710 Juta Ton Sampah Plastik Banjiri Bumi 2040

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 07:02 WIB

Ilustrasi sampah plastik

Ilustrasi sampah plastik

JAKARTA, REQnews - Bumi diprediksi akan kebanjiran 710 juta ton plastik pada tahun 2040 mendatang. Dalam jurnal Science, digambarkan bahwa plastik akan menjadi pemandangan mengerikan baik di laut, danau, sungai bahkan hingga atmosfer.

Peneliti Winnie WY Lau yang konsen dalam studi ini mengatakan, banjir sampah plastik ini tak lain disebabkan oleh pola konsumtif yang kian parah dan pengolahan sistem daur ulang limbah yang tak memadai kapasitasnya.

Mengutip CNN, Jumat 31 Juli 2020, pernyataan Lau ini mendukung fakta sebelumnya, bahwa sekitar 8 juta ton makroplastik dan 1,5 ton mikroplastik primer telah mencemari bumi, terutama lautan, per tahunnya.

Hal yang paling mengkhawatirkan, dalam penelitian terbaru, bahwa ada 700 spesies laut dan lebih dari 50 spesies air tawar telah memakan limbah plastik. Tak menutup kemungkinan, selanjutnya adalah organisme darat yang menjadi korban.

Polusi plastik juga dinilai berdampak pada banyak aspek kesejahteraan manusia, seperti mempengaruhi estetika pantai, menghalangi drainase dan sistem rekayasa air limbah, serta menjadi tempat berkembang biak bagi vektor penyakit.