Viral Nasehat Ariel Noah untuk Anji, Ini Isinya

Senin, 03 Agustus 2020 – 19:12 WIB

Viral Nasehat Ariel Noah untuk Anji, Ini Isinya

Viral Nasehat Ariel Noah untuk Anji, Ini Isinya

JAKARTA, REQnews - "Kalau gue bilang, mungkin karena gue juga kurang, ilmunya nggak sebanyak itu lah buat ngomong, karena untuk ngomong di publik itu, bukan risiko saja ya tapi kayak impact-nya banyak. Jadi kalau ilmunya nggak terlalu menguasai, ya gue mencegah untuk ngomongin itu."

Mungkin potongan kalimat wawancara antara Anji dengan Ariel Noah ini bisa menjadi pengingat bagi siapa saja yang ingin berbicara ke publik. Termasuk Anji, yang beberapa hari ini ramai diperbicangkan masyarakat setelah menayangkan video berjudul Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!! yang tayang di kanal Youtubenya, Jumat 31 Juli 2020.

Anji dituding mengundang narasumber yang tidak kredibel. Yakni Hadi Pranoto, yang disebut dan ditulisnya, profesor, dokter, dan pakar mikrobiologi penemu serum antibodi Covid-19 menjadi narasumber.

Kini, nama Ariel Noah menjadi trending topic di Twitter. Penyebabnya adalah video potongan wawancara Anji dalam konten YouTube berjudul Akhirnya Ariel Bicara tentang Musisi Cover yang diunggah di kanal dunia MANJI pada 30 Juni 2020.

Kala itu Anji bertanya kepada Ariel mengenai keengganannya berbicara mengenai banyak isu. Menurut Anji, sebagai musikus yang punya banyak penggemar, suara Ariel Noah pasti didengar.

Menjawab pertanyaan Anji tersebut, Ariel mengaku bukan tipe orang yang suka berbicara. Ariel menambahkan bahwa saat berbicara sesuatu di depan publik, dia selalu mempertimbangkan banyak hal. Termasuk dampak dan risiko yang bakal dihadapi gara-gara omongannya itu.

"Kayak apakah gue ngobrol sama orang yang tepat apa nggak, katakan lah kita ngomongin satu hal,misalnya A gitu. Kita udah baca buku tentang A, ada 5 buku gitu, hafal banget lah, kita ngomong sama orang yang nggak tahu tentang itu juga, tapi asumsinya banyak, jadi kayak buang-buang tenaga, abis itu bisa jadi belok kemana-mana, jadi terlalu banyak risiko yang aneh-aneh, makanya malas gue ngomong," kata Ariel.

Video wawancara Anji dengan Ariel itu dianggap netizen relevan dengan apa yang terjadi sekarang. "Ariel visioner juga, Anji dinasihatin sebelumnya padahal ya," tulis akun @pawpaoST. "Bang Manji mon maap tolong kupluknya dibuka dulu biar denger apa yang diomongin Ariel," komentar akun @qenthank_.