Makna Kemerdekaan di Balik Jeruji Rutan Kelas 1 Cipinang

Kamis, 13 Agustus 2020 – 14:03 WIB

Makna Kemerdekaan di Balik Jeruji Rutan Kelas 1 Cipinang

Makna Kemerdekaan di Balik Jeruji Rutan Kelas 1 Cipinang

JAKARTA, REQnews – Tanggal 17 Agustus adalah tanggal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Karena tepat pada tanggal itu, 75 tahun yang lalu di tahun 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

Kemerdekaan tanah air tercinta adalah hasil perjuangan panjang bangsa Indonesia, yang tidak terlepas dari semangat juang para pahlawan kita di kala itu. Dan saat ini perjuangan para pahlawan kemerdekaan itu bukan hanya sekedar untuk dikenang, tetapi wajib kita warisi untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti yang dilakukan jajaran keluarga besar Rumah Tahanan Kelas 1 Cipinang, yang berkomitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi. Khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Lalu seperti apa makna kemerdekaan RI menurut keluarga besar Rumah Tahanan Cipinang beserta warga binaannya?

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Rutan Kelas I Cipinang, Zecha Arya Dwinanto makna kemerdekaan itu bukan hanya lepas dari penjajahan.

“Tapi bagaimana kita sebagai rakyat bisa mengisinya untuk pembangunan di negara kita, untuk kesejahteraan banyak orang, apa yang bisa kita lakukan terbaik buat negara dan pemerintahan kita,” kata Zecha seperti dikutip dari video youtube channel Jeruji Production, yang berjudul Makna Kemerdekaan, Kamis 13 Agustus 2020.

Ia pun mencontohkan cara aparatur sipil negara (ASN) di instansi pengayoman seperti dirinya, memaknai hari kemerdekaan yakni dengan bagaimana kita melayani masyarakat, warga binaan di dalam, serta ikut berkontribusi dalam pembangunan di negara Indonesia.

“Merdeka adalah bukan hanya terlepas dari peperangan tetapi juga bagaimana negara ini bisa mengatur dirinya untuk mencapai kesejahteraan rakyat banyak di nusantara ini,” ujarnya.

Sementara salah satu warga binaan Rutan Kelas I Cipinang, Kimeng menyebut bahwa makna kemerdekaan RI adalah suatu kebebasan yang harus dirasakan oleh semua bangsa.

Senada, warga binaan lainnya menyebut makna kemerdekaan adalah kesempatan untuk mewujudkan mimpi hingga menjadi nyata. “Kesempatan untuk berkarya tanpa batas dan kesempatan untuk mewujudkan Ibu Pertiwi yang mulia, saat jiwa dan raga kita bisa kita Sumbangkan sepenuhnya untuk NKRI yang kaya damai dan penuh toleransi,” kata dia.

“Merdeka itu bukan hanya tentang diri sendiri. Namun sebagai satu kesatuan, satu negeri. Jadi kemerdekaan adalah momen terbaik untuk menghilangkan perselisihan dan membangun persatuan bangsa.”

Dalam video berdurasi 12 menitan itu pun memberikan narasi bahwa kemerdekaan itu bukan hanya simbol, bukan hanya yel-yel, bukan hanya perayaan. Tiap tahun pengingat perjuangan, mengingat hak asasi manusia yang ada di rutan. “Ingatlah kami ini tetap saudaramu,” kata salah satu warga binaan.