500 Juta Hiu Diprediksi Bakal Dibantai Demi Vaksin Corona

Selasa, 29 September 2020 – 08:31 WIB

Ilustrasi ikan hiu (foto: istimewa)

Ilustrasi ikan hiu (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Para pakar memprediksi, sekitar 500 juta ekor hiu bakal dibantai demi menciptakan vaksin Covid-19. Pasalnya, bahan utama vaksin corona adalah minyak hati ikan karnivora tersebut.

Salah satu kandidat vaksin Covid-19 yang menggunakan minyak hati hiu adalah Squalane, yang merupakan bahan adjuvan dalam dunia medis. Unsur ini diyakini bisa meningkatkan efektifitas vaksin dan menciptakan respons imun yang lebih kuat, sehingga tahan dari serangan corona.

Squalane ini tengah digarap oleh perusahaan farmasi asal Inggris, yakni GlaxoSmithKline. Pihak perusahaan tersebut menyatakan, mereka butuh sekitar satu miliar dosis minyak hati hiu untuk digunakan dalam menciptakan vaksin yang mutakhir.

Shark Allies yang merupakan kelompok dengan basis di California, AS, menyebut bahwa untuk mengekstraksi satu ton squalane, dibutuhkan setidaknya tiga ribu ekor hiu.

Kelompok pemerhati fauna ini juga menyatakan, ada sekitar 250 ribu hiu akan dibasmi jika populasi dunia menerima satu dosis vaksin Covid-19 yang mengandung bahan tersebut.

Secara tegas, Shark Allies mengingatkan kepada perusahaan pembuat vaksin dengan minyak hati hiu, bahwa penggunaan bahan dari hewan akan mengganggu ekosistem yang telah terjaga.

"Memanen dari hewan liar tak akan pernah berkelanjutan. Terutama jika itu predator teratas yang tidak berkembang dalam jumlah besar," kata Direktur Eksekutif Shark Allies, seperti dikutip pada Senin 28 Septembe 2020.

 

Untuk menghindari ancaman populasi hiu, para ilmuwan sedang menguji alternatif dari squalene. Alternatif versi sintetis yang terbuat dari tebu yang difermentasi.

Namun, karena belum ada kepastian soal bahan alternatif tersebut, para hiu masih diburu untuk Squalane. Fakta mengejutkannya, bahkan sebelum pandemi Covid-19 muncul, sekitar tiga juta hiu dibantai per tahun untuk diambil minyak hatinya.