Polisi Masuk Kampus, Rizal Ramli: Mas Idham Kapolri, Ini Sudah Kebangetan!

Minggu, 11 Oktober 2020 – 12:30 WIB

Rizal Ramli (Foto:Istimewa)

Rizal Ramli (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Demo Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) pada Kamis 8 Oktober lalu ternyata memunculkan aksi represif sejumlah oknum aparat. Khususnya aksi mereka yang coba memasuki lingkungan kampus. 

Itu dilakukan oleh sejumlah oknum aparat untuk mengejar mahasiswa yang melakukan demonstrasi. Peristiwa itu terjadi di kampus Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Universitas Pasundan (Unpas) kampus 2.

Bahkan satu pos satpam di Unisba rusak yang diduga akibat aksi buruk aparat. Tak hanya pos saja, seorang satpam pun mendapat aksi kekerasan dari oknum polisi karena mengingatkan aparat kalau mereka sudah memasuki wilayah kampus. 

Insiden memalukan itu lantas dikomentari tokoh Rizal Ramli dalam akun Twitternya yang dikutip REQnews, Minggu 11 Oktober 2020. Dalam postingannya ia menyebut Kapolri Jenderal Idham Azis. 

"Mas Idham, Kapolri @DivHumas_Polri , ini sudah kebangetan. Tlg dihormati kebebasan akademik dan kampus ???? Kami Kabinet Gus Dur pisahkan Polri dari TNI, agar Polri jadi pengayom masyakat, bukan alat politik & kekuasaan.??, " tulis Rizal. 

RR, demikian dia biasa disapa, juga mengingatkan kalau aksi memasuki wilayah kampus pun pernah dilakukan aparat TNI pada 1998 lalu.

"Tentara duduki kampus ITB selama 3 bulan tahun 1998, dan serbu Kampus UGM," kata dia lagi.