Seputar Pajak, Ini 5 Kriteria yang Perlu Memiliki NPWP

Senin, 19 Oktober 2020 – 00:01 WIB

NPWP (foto: istimewa)

NPWP (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kamu sudah punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)? Ayo dong, daftarkan diri kamu sebagai bukti warga negara yang baik dan taat pajak. Masa sih, punya penghasilan tapi gak bayar pajak, kan malu ya.

Apalagi, sekarang membuat NPWP sudah semakin mudah. Jika dulu harus mendatangi kantor pajak dan antri berjam-jam, kini bisa dilakukan secara online. Tapi, tidak semua orang harus memiliki NPWP, dalam artian, jika belum layak, ya jangan mendaftar.

Nah, ada lima kriteria yang sudah perlu memiliki NPWP, siapa saja? berikut ulasannya:

1 Orang Pribadi, Jika kamu merasa memiliki penghasilan yang sudah memenuhi syarat, maka wajib memiliki NPWP. Bahkan, wanita yang sudah menikah pun akan dikenai pajak secara terpisah.

2. Wajib Pajak Badan: Memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang membayarkan pajak, memotong dan memungut pajak yang disesuaikan dengan peraturan Undang-undang Perpajakan.

3 Wajib Pajak Badan: Hanya memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai pemotong atau pemungut pajak yang disesuaikan dengan Undang-undang Perpajakan

4. Bendahara: Pemotong atau pemungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuang Undang-Undang Perpajakan

5. Wajib Pajak Pribadi: Selain semua yang disebutkan di atas dan dapat memilih mendaftarkan dirinya untuk memperoleh NPWP.

Sebagai catatan, NPWP tidak akan berubah meski si Wajib Pajak (WP) berpindah tempat tinggal atau kedudukan. Untuk lebih jelasnya soal persyaratan membuat NPWP, silakan kunjungi laman resmi berikut https://www.kemenkeu.go.id/page/tata-cara-pendaftaran-npwp/.