Pelajar SMK Ahmad Rizal Nikahi Dua Gadis Sekaligus, Satunya Baru Lulus SMP

Minggu, 18 Oktober 2020 – 18:00 WIB

Ahmad Rizal dan istrinya (Foto: Istimewa)

Ahmad Rizal dan istrinya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Mimpi apa Ahmad Rizal bisa menikahi dua anak gadis warga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Apalagi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan itu menikahi dua gadis dalam waktu satu bulan.

Tak salah jika peristiwa ini membuat ibu Rizal pingsan karena terkejut. Sebabnya momen sakral insan manusia itu awalnya tak direncanakan. "Pas lagi tidur itu, saya kaget datang keluarga M minta untuk dinikahkan, waktu itu ibunya sempat pingsan. Ya karena disuruh untuk nikah ya kita terima dan harus tanggung jawab," kata ayah Rizal, Ayuni (37) di Lombok, Minggu 18 Oktoner 2020.

Yang mencengangkan, istri pertama Rizal berinisial F baru saja lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan belum sempat mendaftar ke SMA. Rizal yang merupakan putra sulungnya menikahi F pada Kamis 17 September lalu. 

"Maskawinnya Rp 2,5 juta dan sudah pergi nyongkolan," kata Ayuni.

Tak disangka, berjarak satu pekan setelah pernikahan itu, keluarga gadis berinisial M mendatangi mereka. M adalah gadis yang masih duduk di bangku Madrasah Aliah atau setara SMA. 

Awalnya keluarga mengira, mereka adalah tamu yang menjenguk. Ternyata keluarga M meminta anaknya dinikahkan dengan Rizal.

Terkejut mendengar permintaan itu, ibunda Rizal pun sempat pingsan. Pernikahan Rizal dan M digelar Senin 12 Oktober lalu dengan mas kawin Rp 1 juta.

"Mau bagaimana lagi, ini jodoh dan sudah terjadi, ya mau ndak mau kita harus bahagia menjalaninya," kata Ayuni.

Ia berharap, putranya masih bisa meneruskan sekolah hingga mendapat ijazah dan akur dengan kedua istrinya. Pernikahan Rizal dan istri-istrinya digelar secara adat. Keluarga mengakui jika pernikahan tersebut tidak diketahui oleh Kantor Urusan Agama (KUA).

Sementara itu, istri pertama Rizal sempat merasa kecewa dengan kenyataan tersebut.

"Saya kira dia (M) itu tamu datang menjenguk, eh ternyata itu, perasaan pasti kecewa, tapi ya ini sudah terjadi, ya harus mencoba bahagia,” kata F pasrah.