Sultan Abis! Ini Alasan Nama Presiden Jokowi Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi

Selasa, 20 Oktober 2020 – 09:50 WIB

Presiden Jokowi Street (Foto: Istimewa)

Presiden Jokowi Street (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Rakyat Indonesia patut berbangga di Tahun 2020 ini. Nama Presiden Joko Widodo kini resmi menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Pada Senin 19 Oktober 2020. Penghargaan ini diberikan Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) sekaligus menunjukkan hubungan bilateral kedua negara yang semakin hangat.

Mengutip keterangan tertulis Kedutaan Besar Republik Indonesia di UEA di Facebook, peresmian jalan Presiden Joko Widodo atau President Joko Widodo Street digelar di Abu Dhabi pada Senin, pukul 16.45 waktu setempat.

Peresmian dilakukan anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Duta Besar RI untuk UEA dan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi menghadiri kegiatan tersebut.

Dubes RI Husin Bagis berharap agar penamaan jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi semakin memperkokoh dan meningkatkan sisi positif hubungan bilateral Indonesia-UEA.

Penamaan jalan Presiden Joko Widodo ini merupakan bentuk penghormatan (tribute) Pemerintah UEA kepada Presiden Jokowi dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia-UEA selama ini.

Asal tahu daja, Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor perwakilan diplomatik.

Sebelumnya, jalan ini bernama Al Ma’arid Street yang menghubungkan Jalan Rabdan dengan Tunb Al Kubra. Tak hanya Jokowi, sejumlah nama tokoh RI juga dijadikan jalan di luar negeri seperti Jalan Soekarno di Rabat, Maroko, Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam, Belanda.