Viral Aksi Polwan Cantik Bikin Adem di Demo Omnibus Law, Ada Brigadir Lina dan Mira

Rabu, 21 Oktober 2020 – 09:33 WIB

Aksi Polwan Cantik Polresta Bandung (Foto: Istimewa)

Aksi Polwan Cantik Polresta Bandung (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pemandangan menarik terjadi dalam aksi massa buruh dari Bandung timur yang menggelar demo UU Omnibus Law Cipta Kerja pada Selasa 20 Oktober 2020. Aksi yang terjadi di Jalan Raya Bandung-Garut itu berlangsung aman aman dan damai.

Penyebabnya adalah keberadaaan sekitar 8 anggota Polwan cantik yang diturunkan Polresta Bandung. Mereka ditugaskan untuk ikut mengamankan jalannya demo.

Kehadiran mereka pun memberikan suasana kekeluargaan antara aparat gabungan dengan massa buruh. Selain melakukan pendekatan persuasif, sejumlah Polwan pun sambil membagikan air mineral ke massa demo.

Apalagi yang membagikan air mineral tersebut Bripda Lina dan Bripda Mira. Dua polwan cantik ini mencuri perhatian para pendemo karena parasnya yang cantik, meski wajahnya tertutup masker. 

Pada aksi ini, mereka pun menitipkan pesan dan imbauan kamtibmas kepada sejumlah massa bagaimana agar jalannya demo berjalan aman, tertib dan kondusif. Termasuk berpesan agar di tengah pandemi virus corona semua harus sama-sama tergerak memeranginya dengan cara menerapkan protokol kesehatan.                      

"Hatur nuhun Bu Polwan air mineral yang telah dibagikan ke buruh yang tengah haus ini. Terima kasih pula pendekatan persuasifnya insya Allah kami demo berusaha menghindari gesekan, bentrokan, rusuh dan konflik dengan aparat,"  kata Wawan, buruh dari Rancaekek.  

Saat massa buruh berorasi dan tertahan di sekitar perapatan Tol Purbaleunyi, cara yang dilakukan sejumlah Polwan  yang cantik-cantik dari Satlantas Polresta Bandung dalam mengamankan jalannya demo mampu meredam tensi tinggi jalannya demo. 

Dengan persuasif, dengah penuh tawa dan humanis sejumlah Polwan terus mendekati massa buruh saat beristirahat. "Memang kami yang diterjunkan dalam pengamanan demo dilakukan persuasif, pendekatan kekeluargaan dan humanis. Ini cara kami karena bagaimana pun para buruh itu masih saudara," kata Brigadir Tanti. 

"Memang sejumlah buruh berkeinginan masuk ke jalan tol tapi bisa ditahan dengan pendekatan persuasif dan para buruh pun berorasi di sekitar perapatan tanpa mengganggu lalu lintas Jalan Bandung-Garut dari dua arah," kata Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan.