IFBC Banner

Astronom Temukan Asteroid Langka, Harganya 10 Ribu Kuadriliun Dolar

Minggu, 01 November 2020 – 21:31 WIB

Asteroid 16 Psyche

Asteroid 16 Psyche

JAKARTA, REQnews - Sebuah benda asing berupa asteroid langka ditemukan mengitari di antara planet Mars dan Jupiter. Asteroid ini beda dari biasanya, karena seluruhnya dipenuhi material logal.

Mengutip CBS, Jumat 30 Oktober 2020, jika dijual, diperkirakan harga asteroid ini mencapai 10 ribu kuadriliun dolar AS, yang disebut-sebut bahkan bisa membeli beberapa negara beserta isinya sekaligus.

Bahkan, angka 10 ribu kuadriliun dolar AS itu jauh lebih besar dibanding keseluruhan total ekonomi global pada tahun 2019. Jumlah ini sungguh fantastis, namun, mampukah manusia membawanya ke bumi? Rasa-rasanya mustahil.

Asteroud bernama 16 Psyche ini ditemukan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble milik NASA. Hasil penelitian atas benda angkasa ini diterbitkan dalam Planetary Science Journal.

16 Psyche adalah salah satu objek antariksa dengan massa terbesar di tata surya dan saat ini mengorbit di antara Mars dan Jupiter, sekitar 230 juta km dari Bumi. Ukurannya cukup besar, dengan diameter 225 km.

Para ahli menduga, asteroid ini merupakan sisa dari inti planet yang tak pernah terbentuk. Sehingga wajar material dipenuhi logam.

"Kami pernah melihat meteorit yang sebagian besar terdiri dari logam, tapi Psyche bisa jadi unik karena asteroid itu mungkin seluruhnya terbuat dari besi dan nikel," kata penulis utama studi Dr. Tracy Becker.

"Bumi memiliki inti logam, mantel dan kerak. Bisa jadi Psyche sebagai protoplanet saat terbentuk dihantam oleh objek lain di tata surya dan kehilangan mantel dan keraknya," ujarnya menambahkan.

Saat ini, penelitian tentang asteroid ini masih terus dilanjutkan. NASA bahkan berencana mengirim wahana antariksanya ke asteroid Psyche ini pada 2022, dan diproyeksikan tiba pada 2016.

Ini akan menjadi misi luar angkasa pertama yang mengunjungi objek antariksa yang seluruhnya terbuat dari logam. NASA akan mempelajari asteroid ini selama dua tahun untuk memahami sejarahnya.