IFBC Banner

Jangan Minder, Ini 4 Kelebihan Menjadi Seorang Kutu Buku

Jumat, 06 November 2020 – 12:01 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Mungkin kamu pernah diejek, menjadi seorang kutu buku itu kolot, tak banyak teman, dan ketinggalan zaman. Ya, biarkan saja orang menganggap demikian, karena banyak membaca buku serta memiliki pengetahuan lebih, manfaatnya kamu sendiri yang menikmati.

Jangan pernah tumbuh perasaan malu atau minder. Menjadi seorang kutu buku bukan hanya menguntungkan dari sisi pengetahuan, melainkan juga kesehatan lho!

Berikut, empat manfaat utama menjadi seorang kutu buku bagi kesehatan diri sendiri.

1 Otak Sehat

Fungsi neuron pada otak akan terus terangsang jika kamu hobi membaca buku. Dengan rutinitas tersebut, otakmu akan lebih sehat dan kuat, serta terlatih saat harus berpikir keras.

2. Kekuatan Memori

Banyak membaca, banyak mengingat. Inilah yang dipercayai para pakar, bahwa menjadi seorang kutu buku, kamu tak akan kehilangan memori meski hingga usia senja nanti. Selain itu, penyakit seperti alzheimer juga bakal menjauhimu.

3. Konsentrasi Tinggi

Membaca melatih konsentrasi. Jika selama ini kamu memiliki masalah tidak bisa konsentrasi pada banyak pekerjaan yang menuntut, cobalah untuk membaca. Ini bertujuan untuk melatih kefokusanmu pada sebuah masalah yang harus diselesaikan.

4. Anti Stres

Membaca membuat kamu lebih tenang, bahkan lebih rileks dan bersemangat pada kisah-kisah yang alurnya menarik. Jangan biarkan stres terus menghinggapi, buanglah dengan banyak-banyak menbaca.