Viral Lagi, Skandal Chat PAP Diduga Rizieq Shihab dan Firza Husein

Senin, 16 November 2020 – 08:31 WIB

Rizieq Shihab dan Firza Husein (Foto: Istimewa)

Rizieq Shihab dan Firza Husein (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Nama Firza Husein kembali menjadi perbincangan publik pasca kepulangan Habib Rizieq Shihab. Pasalnya, Rizieq sempat tersandung kasus dugaan chat mesum dengan Firza beberapa waktu lalu. 

Bahkan tangkapan chat WhatsApp itu kini dikompilasi dalam sebuah video berdurasi 3.40 detik. Dan tentunya kembali viral di media sosial maupun grup WhatsApp.

Video yang diiringi dengan suara seorang wanita yang menceritakan persoalan chat itu antara dirinya dengan seorang yang ia panggil habib. Pun turut menayangkan sejumlah foto wanita.

Sementara itu di twitter video tersebut turut diunggah akun @hayunala sejak 13 November 2020. "Ketika melihat Bibib 'Porn Fugitive' langsung membayangkan neng Firza Husein," tulis akun @hayunala.

Sebelumnya sebuah situs beralamat www.baladacintarizieq.com, mengungkap isu itu di penghujung Januari 2017. Situs tersebut memuat konten tangkapan layar percakapan tidak senonoh via WhatsApp (WA), antara Habib Rizieq dan Firza Husein.

Menyikapi itu, Juru Bicara FPI Slamet Maarif ikut meminta pihak kepolisian untuk mengusut dan menangkap penyebar video. Sebab, kasus chat mesum diduga Rizieq sudah SP3.

"Polisi wajib tangkap tuh penyebar Video fitnah, karena kasus ini sudah SP3," kata Slamet kepada wartawan, Minggu 15 November 2020.

Profil Firza Husein

Firza Husein Maskati lahir di Palu, pada 18 Februari 1973. Kedua orang tuanya adalah keturunan Arab, ayahnya dari Bali bermarga Maskati, sedangkan ibunya berasal dari Palu bermarga Alkadrie.

Ia memiliki adik yang bernama Fairus Husein Maskati, yang merupakan salah satu petinggi Partai Persatuan Pembangunan di Palu.

Kemudian Firza hijrah ke Pontianak, dan tinggal bersama suaminya Yusuf Alkadrie. Ini merupakan pernikahan kedua Firza, kemudian Firza kembali menjanda karena suaminya meninggal dunia.

Firza dikaruniai tiga orang anak dari semua pernikahannya. Ditinggal suami ternyata tidak membuat Firza larut dalam kesedihan dan terlalu lama berdiam diri di rumah.

Dirinya banyak melakukan kegiatan sosial di organisasi, apalagi adiknya juga seorang politisi yang memiliki jaringan luas. Saat di Jakarta, Firza mulai aktif sebagai ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana (SSC).

Firza memilih nama Sahabat Cendana karena dirinya sangat mengagumi mendiang Presiden Soeharto.

Kemudian pada 3 April 2016, Yayasan SSC beserta Firza berziarah ke makam Presiden ke-2 RI tersebut yang berlokasi di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

Pada 1 Mei 2016, Yayasan SSC memberikan bantuan berupa sembako dan dukungan moral untuk ratusan warga Luar Batang, Pasar Ikan, Jakarta Utara yang menjadi korban penggusuran. Firza dan organisasinya juga memiliki keinginan yang tinggi untuk mewujudkan lagi projek-projek Soeharto yang dulu, seperti swasembada pangan dan nelayan makmur.

Namun Tommy Soeharto, selaku anak Soeharto, memberikan somasi kepada Firza Husein karena dianggap telah mencatut nama Cendana dalam yayasan yang dipimpinnya. Sebab dianggap telah merugikan nama baik dan kepentingan putra mantan presiden Soeharto tersebut.

Selain itu, nama Firza juga mulai muncul ke media bersamaan Aksi Damai 212 yang digelar oleh umat Islam, pada tanggal 2 Desember 2016. Aksi tersebut menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk ditahan karena penistaan agama.

Pagi hari sebelum aksi tersebut berjalan, polisi menangkap 10 aktivis di antaranya adalah Sri Bintang Pamungkas, Rachmawati Soekarnoputri, Ahmad Dhani, dan termasuk Firza Husein.

Polisi menyita handphone milik Firza, lalu identitas Firza mulai terbuka dan diketahui publik. Kabarnya, Firza pernah beberapa kali ikut pengajian di tempat Rizieq Shihab.

Firza pun semakin tenar saat dirinya dikaitkan dengan pentolan FPI itu. Bukan soal pengajiannya, tapi soal dugaan skandalnya. Namun Firza membantah semua tuduhan tersebut.