Kumpulan Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Hewan

Senin, 23 November 2020 – 19:32 WIB

Penyelamatan Kucing Oleh Petugas Damkar (Foto: Istimewa)

Penyelamatan Kucing Oleh Petugas Damkar (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Memiliki motto "Pantang Pulang Sebelum Padam", sudah menjadi tugas utama bagi petugas Damkar untuk memadamkan kebakaran. Pekerjaan tersebut memiliki resiko yang sangat tinggi, termasuk keselamatan nyawa para petugas yang bekerja di lapangan.

Namun tugas Damkar bukan hanya memadamkan kebakaran saja lho. Tapi juga melakukan penyelamatan.

Salah satunya adalah melakukan penyelamatan terhadap hewan. Seperti apa aksi mereka? Berikut ulasan REQnews yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Penyelamatan Kucing Yang Terjebak di Sumur

Tim Rescue Damkar Kota Semarang menyelamatkan seekor kucing yang tercebur ke dalam sumur dengan kedalaman 10 meter dan diameter 1 meter. Menurut Kabid Operasional dan Penyelamatan Damkar Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti, pihaknya mendapat laporan dari warga terkait kejadian kucing tercebur ke dalam sumur, pada Selasa 25 Agustus 2020 sekitar pukul 05.00 WIB.

Kemudian satu personil, diturunkan lengkap dengan oksigen dan alat perlindungan diri untuk langkah evakuasi. Diketahui bahwa Kucing tersebut merupakan milik Ridwan warga Jalan Plumbon II RT 6 RW 3 Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Setelah 15 menit melakukan evakuasi, akhirnya kucing tersebut berhasil diselamatkan.

2. Evakuasi 62 Ekor Ular di Tangerang

Pada bulan November hingga Desember merupakan musim telur ular menetas. Di Tangerang, hingga tanggal 16 November 2020, petugas Damkar berhasil mengevakuasi sebanyak 62 ekor ular yang bersarang di sekitar area rumah warga.

Ternyata tim Damkar sudah menyiapkan personel khusus apabila ditemukan ular yang ke luar dari sarangnya atau yang masuk ke pemukiman warga kembali.

Dari sekian banyak ular yang berhasil dievakuasi, paling banyak adalah jenis ular sanca dari pada ular kobra. Petugas Damkar juga menghimbau kepada masyarakat, agar halaman rumah sebaiknya jangan ada tumpukan sampah dan jika terdapat ember tidak terpakai disimpan dibelakang rumah, itu bisa menjadi sarang ular.

3. Aksi Penyelamatan Anjing Terjebak Banjir

Pada pergantian tahun 2020, hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Jabodetabek membuat wilayah tersebut tergenang banjir. Bencana tersebut menyebabkan puluhan ribu warga terpaksa mengungsi dan belasan meninggal dunia.

Tak hanya itu, bencana tersebut juga berimbas pada hewan yang terjebak genangan banjir. Seperti yang terjadi di Cinere, Depok, seekor anjing terjebak banjir dan tak bisa menyelamatkan diri lantaran terikat rantai di pagar rumah pemiliknya.

Melihat kondisi anjing tersebut, warga dan petugas Damkar bahu-membahu untuk menyelamatkannya.