IFBC Banner

5 Fakta Zulkarnaen Teroris Bom Bali I, Punya Ilmu Ajaib dan Dihargai Rp 500 Juta

Sabtu, 12 Desember 2020 – 22:01 WIB

Teroris Bom Bali I Zulkarnaen

Teroris Bom Bali I Zulkarnaen

JAKARTA, REQnews - Tim Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap salah satu teroris dalang Bom Bali I, atas nama Zulkarnaen alias Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin alias Abdulrahman di Lampung Timur, Lampung.

Menurut keterangan Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Zulkarnaen diamankan Densus 88 pada Kamis 10 Desember 2020 lalu sekitar pukul 19.30 WIB.

Berikut, 5 fakta tentang Zulkarnaen si dalang Bom Bali I yang telah dihimpun.

1. Buron 18 Tahun

Zulkarnaen sudah menjadi buronan polisi selama 18 tahun, sejak terjadinya Bom Bali I pada 2002 lalu. Ia adalah salah satu dari sederet nama yang terlibat dalam tragedi kemanusiaan brutal tersebut, selain Imam Samudra, Amrozi dan lainnya.

2. Panglima Askari Jamaah Islamiyah

Irjen Argo menyebut, Zulkarnaen adalah Panglima Askari Jamaah Islamiyah, yang membuat unit khos dan terlibat dalam berbagai konflik, seperti di Ambon maupun Poso. Unit khos disebut-sebut bertugas serupa dengan special task force.

 

3. Pakar dalam Banyak Ilmu

Zulkarnaen selama ini dikenal sebagai teroris serba bisa. Ia punya banyak ilmu, mulai dari merakit bom, ahli kimia, pakar fisika yang mampu meramal efek ledakan, hingga kamampuan mengerikan untuk mendoktrin orang agar tergabung dalam gerakan terorisme.

 

4. Sederet Aksi Pengeboman

Selain Bom Bali I yang menewaskan lebih 200 orang, Zulkarnaen juga diketahui merupakan dalang dalam berbagai aksi terorisme lainnya, seperti ledakan di Hotel JW Marriott tahun 2003 dan gedung Kedubes Australia di Jakarta, tahun 2004.

5. Harga Kepala

Usai sederet aksi pengeboman menyeret nama Zulkarnaen, polisi kemudian menggelar sayembara. Bagi siapapun yang memberikan informasi keberadaan Zulkarnaen akan mendapat hadiah senilai Rp 500 juta.