IFBC Banner

Sosok yang Akan Memimpin Indonesia Setelah Jokowi Menurut Ramalan Ronggowarsito

Jumat, 25 Desember 2020 – 19:32 WIB

gambar ilustrasi

gambar ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Raja-raja terdahulu kerap memprediksi dan menggambarkan masa depan nusantara yang di catat dalam literatur. Salah satu yang fenomenal adalah karya dari Ronggowarsito yang hidup di keraton Surakarta pada masa penjajahan kolonial Belanda.

IFBC Banner


Saat itu, Ronggowarsito memaparkan konsep pemimpin Indonesia yang dikenal sebagai Satrio Piningit. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Budaya Politik Diantara Primordialisme Dan Demokrasi tulisan Elly Yuliawati, sebagai berikut:

Satrio Kinunjoro Murwo Kuncoro

Sosok ini melambangkan orang yang sepanjang hidupnya terpenjara namun namanya dikenal banyak orang. Ia diberikan anugrah kewaskitaan atau kesaktian oleh Allah SWT. Meski memiliki kesaktian Ia tidak pernah menampakkan kesaktiannya. Inilah sifat manusia yang dilambangkan sebagai orang berilmu yang tawadhu'.

Satrio Mukti Wibowo Kesandung Kesampar

Sosok ini melambangkan orang kaya ilmu dan berwibawa, tapi memiliki kehidupan yang kesampar atau bisa diartikan hidup yang menderita dan penuh pengorbanan. Ia akan selalu difitnah dan dicaci maki tapi hebatnya, Ia akan menghadapi semua itu dengan penuh kesabaran, ikhlas dan tawakal.

Satrio Jinumput Sumelo Atur

Sosok ini melambangkan orang pilihan Allah SWT yang selalu melaksanakan perintah-perintah-Nya. Ia pun diberikan anugrah berupa ilmu laduni.

Satrio Lelono Topo Ngrame

Sosok ini melambangkan orang yang sepanjang hidupnya melakukan perjalanan spiritual. Ia sering melakukan tasawuf hidup (tapaning ngaurip). Ia juga selalu bersikap zuhud dan suka membantu orang-orang yang sedang kesulitan.

Satrio Hamong Tuwuh

Sosok ini melambangkan orang yang memiliki kharisma dan selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT. Masyarakat Jawa biasanya mengenal orang ini dengan wasilahnya atau pusakanya.

Satrio Pambukaning Gapuro

Sosok ini melambangkan orang yang suka melakukan hijrah dari suatu tempat ke tempat lain. Ia adalah lambang manusia yang sedang menuju pada kesempurnaan hidup (kasampurnaning ngaurip).

Satrio Pinandhito Sinisihan Wahyu

Sosok ini melambangkan orang yang memiliki enam sifat diatas, sehingga orang ini digambarkan sebagai pandhita atau alim yang selalu mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Pada hakikatnya, Satrio Pinandhito Sinisihan Wahyu adalah utusan Allah SWT atau bisa dikatakan seorang Aulia (waliyullah)