Pernah Berada dalam Satu Penjara yang Sama, Begini Kesaksian Ariel Noah Tentang Abu Bakar Ba'asyir

Sabtu, 09 Januari 2021 – 23:02 WIB

(Foto: Antara)

(Foto: Antara)

JAKARTA, REQnews - Mantan narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir telah resmi bebas dari penjara Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat sejak Jumat, 8 Januari 2021 kemarin.

Bicara soal Abu Bakar Ba'asyir, penyanyi Ariel Noah pernah berkisah tentang sosok satu ini dalam bukunya yang berjudul 'Kisah Lainnya: Catatan 2010-2012'.

Dalam buku tersebut, Ariel menceritakan pengalamannya berada satu penjara dengan Ustaz Ba'asyir. Seperti diketahui, Ariel Noah pernah dipenjara akibat kasus video porno yang menyeret namanya.

Ia pun sempat dipenjara dalam sel tahanan yang sama dengan Ba'asyir. Dalam sel itu diketahui para tahanan saling berhadap-hadapan sehingga Ariel dan Ba'asyir pun bisa saling melihat serta berinteraksi satu sama lain.

Dalam bukunya Ariel berkisah bahwa dirinya kerap memperhatikan rutinitas yang dilakukan Ba'asyir tiap pagi. Salah satu yang rajin dilakukan Ba'asyir pada pagi hari adalah olahraga dengan berlari-lari kecil.

"...Pak Ustad pun keluar dari selnya, mengenakan celana yang panjangnya sampai di bawah lutut. Pak Ustad juga memulai aktivitasnya berlari-lari kecil bolak-balik sepanjang koridor sel," tulis Ariel, dikutip Sabtu, 9 Januari 2021.

Pemandangan yang ia lihat dari sosok Ba'asyir lantas memberikan inspirasi pada Ariel untuk menuliskan larik-larik puitis. Dan berikut tulisan puitis Ariel tentang Ba'asyir.

Ba'asyir tua, berlari kecil di gang yang bergema

Larut dalam dunianya sendiri

dia tidak menoleransi dunia

sehingga dunia tidak menoleransinya

keras memang, tapi apalah arti pendirian jika tidak keras

hitam atau putih, tapi tidak abu-abu

keras memang ...

andai saja dunia melihat kebenaran yang dia lihat