IFBC Banner

Agar Tenang Naik Pesawat, Ini Doa 6 Agama dan Artinya

Senin, 11 Januari 2021 – 11:31 WIB

gambar ilustrasi

gambar ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Sebagai umat beragama, berdoa sebelum melakukan berbagai aktifitas dan saat akan bepergian tentunya menjadi hal yang sangat dianjurkan. Termasuk ketika akan pergi menggunakan pesawat.

IFBC Banner


Selain sebagai upaya menjaga keselamatan diri sendiri, juga sebagai tanda bahwa kita berserah diri kepada Sang Pencipta dengan apa yang akan terjadi nantinya. Khusus doa naik pesawat, bisa Anda ingat dan amalkan saat bepergian kelak.

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air 182 di perairan Kepulauan Seribu, kita diingatkan kembali untuk selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada Sang Pencipta dalam segala hal.

Nah, berikut ini doa-doa perjalanan untuk enam agama di Indonesia:

1. Doa perjalanan untuk agama Islam.

Doa ini diambil dari Surat Hud dalam Kitab Suci AlQuran. Jangan lupa baca Basmalah dulu ya!

"Bismillah majreeha wa mursahaa inna robbli laghafuurur rahim" (Surah Hud (11:41)

Artinya: dengan nama Allah (Semoga) menyertai perjalanan dan mendaratnya (Pesawat ini). Sungguh, Tuhanku, benar benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Kemudian dilanjutkan dengan bacaan berikut:

“Bismilaahirrahmanirrahim Alaahu Akbar Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Subhaanalladzii Sakhkhara Lanna Haadzaa Wamaa kunnaa Laahuu Muqriniin. Wa Inna ilaa rabbinnaa Lamunqalibuun. Allaahumma innaa nas Aluka fi Safarinaa Haadza. Albirra Wattaqwaa, Wamina! ‘Amali maa Tardho. Allaahumma Hawwin ‘alainaa Safaranaa Haadza. Wathwi'annaa Bu'dah, Allaahumma Antes Shaahibu Fissafari Wal Khalifatu Fil Ahli. Allahumma Innii A'audzubika Min wa tsaais Safari Waka ‘aabatil Manzhori' Wassuu IImunqalabi Fil Maali Wal Ahli”

Artinya: dengan nama Alah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar Maha Suci Allah yang menganugerahi kami kemampuan memanfaatkan (Pesawat) ini sedang kami sendiri (Tanpa pertolongan-Nya) tidak mampu menguasainya. Sesungguhnya hanya kepada Tuhan kita, kita pasti akan kembali. Ya Allah kami bermohon kepada-Mu, anugerahilah kami dalam perjalanan ini, kebajikan dan ketaqwaan, serta usaha yang Engkau ridhoi. Ya Allah mudahkanlah perjalanan ini bagi kami dan perpendeklah jaraknya. Ya Allah, Engkaulah teman dalam perjalanan, dan Engkau pula Pelindung bagi keluarga. Ya Allah aku berlindung pada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesuraman pandangan, serta bencana menyangkut harta dan keluarga. (Do'a Nabi Muhammad).

2. Doa perjalanan naik pesawat dalam agama Protestan

Jika Anda memeluk agama Protestan, berikut ini bacaan doanya:

“Bapa Sorgawi, kami mengucap terima kasih atas Rachmat dan Kasih Sayang Mu yang tidak berkeputusan di dalam hidup kami. Saat ini kami panggil nama-Mu yang Kudus untuk menyertai perjalanan kami, kiranya Tuhan melindungi dengan kuasa Roh Kudus-Mu pesawat yang kami tumpangi ini agar terhindar dari gangguan dan marabahaya. Demikian juga para awak pesawat kiranya Tuhan juga yang memimpin serta memberi kemampuan bagi mereka untuk melaksanakan tugas mereka masing-masing dengan baik sehingga kami tiba di tujuan tepat waktu dengan selamat dan dalam suka cita. Terima kasih atas pertolongan serta kasih-Mu yang tidak berubah dari dahulu, sekarang sampai selama-lamanya. dan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami naikkan doa dan permohonan kami ini, Amin.”

3. Doa perjalanan naik pesawat dalam agama Katholik
Doa Keselamatan Naik Pesawat Terbang, Untuk 6 Agama di Indonesiaboredpanda.com
“Demi nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amin. Ya Tuhan Dahulu kala Engkau pernah menyelamatkan anak-anak Israel yang menyeberangi laut dengan kaki kering. Dan tiga raja budiman dan sebelah timur telah Engkau tunjukkan jalan kepada-Mu dengan bimbingan bintang yang ajaib.

Kami mohon kepada-Mu :

Karuniakanlah kami suatu perjalanan yang selamat, dengan cuaca yang bagus dan menyenangkan. Berilah supaya dengan bimbingan malaikat-malaikat-Mu yang kudus, awak pesawat terbang ini mengantarkan kami mencapai tujuan perjalanan kami dengan selamat. Kami mohon juga agar keluarga yang kami tinggalkan Engkau hibur dalam rasa damai sampai kami akhirnya boleh mendarat dengan aman di tempat tujuan. Terpujilah nama-Mu, sekarang dan selamanya. Amin. Demi nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amin."

4. Doa perjalanan naik pesawat dalam agama Hindu
“Om om jaya jiwat sarira raksan dadasi me. Om mjum sah waosat mrityun aya namah swaha. Om ayu wrdhi labhate dhanam wrdhì quna sudi yadnya sudha sila sudhadyanam bhukti mukti phalam swargam. Om Sanghyang Widhi Wasa Yang maha Jaya Yang maha mengatasi segala kematian kami memujamu. Lindungilah kami dari marabahaya. Om Sanghyang Widhi Wasa, semua keuntungan kekayaan, kepandaian adalah atas yadnya suci-Mu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih dan mencapai kebahagian lahir batin."

5. Doa perjalanan naik pesawat dalam agama Buddha
“Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sambuddhassa (Dibaca ulang tiga kali).
Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta.
Sadhu! Sadhu! Sadhu!

Terpujilah Sang Bhagava, yang Maha Suci, yang Telah mencapai penerangan sempurna (dibaca ulang tiga kali). Semoga semua makhluk berbahagia Demikianlah hendaknya.” (Paritta Suci)

6. Doa perjalanan naik pesawat dalam kepercayaan Konghucu
Doa Keselamatan Naik Pesawat Terbang, Untuk 6 Agama di Indonesiainstagram.com/bramantiyacatur
“Xian You Yi De (dibaca ulang tiga kali)
Wei De Dong Tian
Fei Tian Se Wo
Xian You Yi De
Huang Yi Shang Di, Wei Tian You De. Shanzai.”

Artinya: Kehadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa di tempat Yang Maha Tinggi. Dengan bimbingan Nabi Kong Zi. Dipermuliakanlah. SHANG DI, Tuhan Yang Maha Kuasa, berikanlah bimbingan kepada seluruh awak pesawat, agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berikanlah karunia yang terbaik, agar kami semua dapat selamat sampai tujuan dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta. Shanzai.