Heboh Postingan Foto Hoaks Sriwijaya Air SJ 182, Ali Ngabalin: Maafkan Saya

Senin, 11 Januari 2021 – 19:32 WIB

Ali Ngabalin

Ali Ngabalin

JAKARTA, REQnews - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ahli Mochtar Ngabalin membuat heboh jagat maya gara-gara postingan fotonnya.

Ia memposting foto pesawat Sriwijaya Air jatuh ke atas permukaan air saat seorang wanita sedang berpose dengan latar belakang pantai. Foto tersebut lantas viral, bahkan diberitakan oleh sejumlah media online.

Belakangan baru diketahui jika foto tersebut adalah hoaks. Foto tersebut merupakan hasil editan.

Sadar jika foto yang ia bagikan hoaks dan menyesatkan, Ali Ngabalin pun langsung menghapus postingannya dan meminta maaf.

"Teman yang baik hati cuitan saya sebelumnya adalah do'a dan keprihatinan atas musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air."

"Saya tidak ada niat apapun untuk menyebarkan sesuatu yang salah, maafkan saya dan agar tidak menimbulkan persepsi salah yang berkepanjangan di ruang publik maka dengan ini saya hapus," cuit Ngabalin di akun Twitternya, dikutip Senin, 11 Januari 2021.

Sementara itu, pakar telematika, Roy Suryo telah memastikan bahwa foto yang diposting Ngabalin merupakan hasil editan.

"Foto yang diunggah di aku @AliNgabalinNew Minggu 10/01/21 20.13 WIB disinyalir hasil editan. Karena jika analisis kecepatan jatuh SJ-182 +/- 555,457 Km/Jam," cuit Roy.

"Maka foto sejelas tersebut hanya dapat dibuat dengan kamera (DSLR?) shutter diatas 1/125 detik dan diafragma f/16 atau lebih, bukan HP," katanya.