Jadi Calon Tunggal Kapolri, Segini Jumlah Harta Komjen Listyo Sigit

Rabu, 13 Januari 2021 – 23:32 WIB

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA, REQnews - Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo telah terkonfirmasi sebagai satu-satunya nama atau calon tunggal Kapolri yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk segera menggantikan Jenderal Idham Azis.

Sebagaimana pejabat publik lainnya, jumlah kekayaan atau harta Listyo mulai dikorek-korek publik.

Mengutip data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Listyo sebenarnya tidak kaya-kaya banget, seperti pejabat-pejabat lainnya yang bergelimang harta.

Tercatat, harta Listyo per 31 Desember 2019, totalnya hanya sebesar Rp 8,314 miliar, yang terdiri dari berbagai macam aset tanah hingga kas yang tidak sampai satu miliar rupiah.

Eks ajudan Presiden Jokowi ini memiliki aset tanah dan bangunan di Kota Tangerang senilai Rp 1 miliar. Kemudian, ada juga aset serupa di Semarang senilai Rp 1,65 miliar, dan di Jakarta Timur senilai Rp 3,5 miliar.

Dari keseluruhan aset tanah dan bangunan itu, nilainya mencapai Rp 6,15 miliar.

Selanjutnya, Listyo memiliki satu unit mobil Toyota Fortuner tahun 2018 senilai Rp 320 juta, harta bergerak lainnya senilai Rp 975 juta, kas dan setara kas senilai Rp 869,73 juta.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo memunculkan nama Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri, yang sudah diserahkan kepada DPR RI.

Penyerahan nama Listyo tertuang dalam Surat Presiden nomor: R-02/Pres/01/2021 yang diantar oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

Untuk selanjutnya, Listyo akan mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR. Barulah setelah itu, ia akan dinyatakan menjadi Kapolri baru dan akan segera dilantik, bila tak ada halangan kemudian.