50 Negara Gagas Inisiatif 30-30, Sekjen PBB: Kita Terus Hancurkan Bumi Seolah Punya Planet Cadangan

Kamis, 14 Januari 2021 – 07:31 WIB

Sekjen PBB Antonio Guterres

Sekjen PBB Antonio Guterres

JAKARTA, REQnews - Pemimpin politik, wakil organisasi internasional dan pelaku ekonomi yang berasal lebih dari 50 negara ikut serta dalam One Planet Summit yang digelar Prancis dengan dukungan PBB.

Mereka berjanji untuk menciptakan kawasan lindung yang mencakup 30 persen daratan dan lautan dunia. Inisiatif ini disebut "30-30".

Inisiatif "30-30" dimaksudkan untuk menjadi landasan bagi pertemuan keanekaragaman hayati di Kunming, China, yang ditunda tahun lalu karena pandemi virus corona.

"Sampai sekarang, kita terus menghancurkan planet kita, menyalahgunakannya seolah-olah kita memiliki planet cadangan," kata Sekjen PBB Antonio Guterres dalam One Planet Summit, dikutip Kamis, 14 Januari 2021.

"Kita telah meracuni udara, tanah dan air, dan mengisi lautan kita dengan plastik. Dan sekarang alam menyerang balik," lanjutnya.

Lebih lanjut, Guterres mengatakan bahwa dampak perubahan iklim semakin terasa belakangan ini. "Rata-rata lahan seluas satu lapangan sepak bola di hutan tropis alami ditebang atau dibakar setiap enam detik," ujarnya.

Ia pun menyatakan bahwa segala upaya dan target pelestarian keanekaragaman hayati yang ditetapkan negara-negara di dunia tidak akan berhasil tercapai, selama kita gagal dalam melindungi alam dari perubahan iklim.