Viral Usai Divaksin Pesta Pora, Raffi Ahmad 'Tampar Muka' Jokowi! Ini Kata Dokter Tirta

Kamis, 14 Januari 2021 – 10:55 WIB

Raffi Ahmad (Foto: Istimewa)

Raffi Ahmad (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Wajah Presiden Joko Widodo seperti ditampar artis Raffi Ahmad. Usai dipercaya pemerintah mengikuti vaksinasi perdana, suami dari Nagita Slavina itu malah ikut pesta dan viral.

Atas kejadian itu, dr Tirta Mandira Hudhi meminta Raffi Ahmad dipanggil untuk memberikan klarifikasi. Bahkan influencer itu mengaku sudah menghubungi Kasatgas COVID-19 Doni Monardo terkait viral Raffi Ahmad menghadiri pesta setelah divaksinasi. 

"Yang pertama, saya sudah memberitahukan ini ke Pak Doni Monardo. Pak Doni Monardo sudah meneruskan ke KSP dan lagi dievaluasi oleh Menteri Kesehatan dan teman-teman di Istana. Jadi itu kan langkah merekalah yang bisa mengevaluasi tindakan karena kan yang mengundang mereka," ucap dr Tirta kepada wartawan, Kamis 14 Januari 2021.

Ia menambahkan bahwa dirinya punya analisis mengapa Raffi Ahmad sampai mengabaikan protokol kesehatan setelah divaksinasi. "Sebagai seorang nakes, ada dua kemungkinan, nih. Kemungkinan Aa Raffi tidak di-briefing dengan baik sebenarnya kalau habis vaksin tuh efektif kalau dua kali vaksin dalam waktu dua minggu, kan. Jadi vaksin pertama ini, dua minggu lagi vaksin, harus booster, jadi imunnya aktif," ucap dr Tirta.

Sebabnya, dr Tirta meminta pemerintah mengevaluasi kejadian Raffi Ahmad dan perlu dipanggil agar masalah ini tuntas.

"Mungkin Aa Raffi bisa dipanggil untuk membuat penjelasan dan klarifikasi agar rakyat tidak gaduh. Saya sih sebagai orang yang mengenal Aa Raffi sih saya maksudnya pengin langsung dengar dari dia sendiri sih, tidak mau berspekulasi buruk. Tapi, karena video tersebut sudah viral, harapan saya sih, Aa Raffi dan pemerintah bisa bekerja sama untuk meluruskan masalah ini," kata dr Tirta.

Terpisah Kasetpres Heru Budi Hartono mengaku pihaknya sudah menasihati Raffi Ahmad. "Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh Tim Komunikasi COVID-19 agar menaati prokes," ujar Heru Budi. 

Secara terpisah, juru bicara vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi meminta Raffi menjaga protokol kesehatan (prokes) meski sudah divaksin. Sebab, vaksinasi tidak cukup menjaga diri dari sebaran virus Corona.

"Iya seharusnya kita tetap menjalankan prokes ya, walau sudah divaksinasi, karena vaksin saja tidak cukup melindungi kita dan saat ini vaksin membutuhkan waktu untuk dapat membuat antibodi ya. Jadi tetap jaga diri kita dengan mematuhi prokes dan menjalankan 3M," katanya.