Hadiri Pesta Tanpa Prokes, Raffi Ahmad Minta Maaf ke Jokowi

Kamis, 14 Januari 2021 – 15:34 WIB

Raffi Ahmad dan sejumlah selebriti lainnya menghadiri pesta tanpa prokes (Foto: Instagram)

Raffi Ahmad dan sejumlah selebriti lainnya menghadiri pesta tanpa prokes (Foto: Instagram)

JAKARTA, REQnews - Beredar foto Raffi Ahmad tengah berkumpul dengan sejumlah artis tanpa mengenakan masker menuai kritik dari berbagai pihak. Pasalnya, Raffi Ahmad baru saja menjadi salah satu orang yang mendapat vaksin COVID-19 Sinovac, Rabu 13 Januari 2021.

Terkait kejadian tersebut, Raffi kemudian meminta maaf dan membuat video klarifikasi yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya. “Saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi,” ujar Raffi dikutip dari akun @raffinagita1717, Kamis 14 Januari 2021.

Ia meminta maaf juga kepada Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut. Raffi pun berjanji, akan lebih disiplin lagi mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Ia meminta maaf, karena kejadian tersebut menghebohkan masyarakat. “Saya ingin ke depannya lebih baik, untuk saya, untuk kita, dengan mematuhi 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjauhi kerumunan,” katanya.

Sebelumnya, penyanyi Sherina Munaf juga memberikan teguran kepada Raffi Ahmad melalui akun Twitternya. "Halo Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame-rame dong," tulis Sherina Munaf melalui akun miliknya, Kamis 14 Januari 2021.

Sehingga, menurutnya Raffi harus memberi contoh kepada followers agar tetap menjaga protokol kesehatan. "Anda dipilih jatah awal-awal vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik," lanjutnya.

Sherina pun yakin, jika Raffi bisa memberi contoh yang lebih baik untuk masyarakat. "Tolong kamu bisa lebih baik dari ini," imbuhnya.

Terkait kejadian itu, pihak istana mengatakan sudah memberikan teguran dan nasihat kepada Raffi Ahmad. "Sudah dinasehati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi COVID-19 agar menaati protokol kesehatan," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Kamis 14 Januari 2021.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengingatkan bahwa menerapkan protokol kesehatan tetap menjadi hal utama setelah seseorang menerima vaksin.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan. Kita harus tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ujar Jokowi, Rabu 13 Januari 2021.