Indonesia Terus Dilanda Bencana, Melanie Subono: Wahai Negara Penyembah Sawit, Penyembah Investor...

Senin, 18 Januari 2021 – 16:31 WIB

Melanie Subono

Melanie Subono

JAKARTA, REQnews - Awal tahun 2021 ini Indonesia dilanda serangkaian bencana alam yang datang bertubi-tubi. Mulai dari gempa, banjir hingga gunung meletus.

Musisi sekaligus aktivis Melanie Subono pun mengkritisi kondisi yang terjadi. Menurut Melanie, segala bencana yang terjadi tak terlepas dari pengaruh kebijakan pemerintah.

Melanie mencontohkan lewat unggahan ketika dirinya demo dengan warga lain saat ada kerusakan alam beberapa tahun lalu. Namun demo tersebut tidak direspon.

"Tolong jawab gue : Kenapa? Kenapa sekarang pada sok nanya 'bumi kenapa?' Ini foto beberapa tahun lalu di Jawa, protes alam dihancurkan, tapi kita dikata-katain buzzer yang awal masih setia masih gereget menang Pemilu," sindir Melanie di postingan Instagramnya, dikutip Senin, 18 Januari 2021.

"Sekarang Jawa tanpa musim hujan pun bisa banjir bandang, Kalimantan sekarang bisa gila banjir bandang. Hutan habis, dan beton enggak bisa dijadikan resapan. Masih mau bilang kita bercanda atau cuma hate speech?" sentil Melanie.

"Wahai negara penyembah Sawit? Penyembah investor? Apa yang tersisa dari Sumatera? Hewan jadi piaraan rumah, hutan habis. Area yang tadinya penuh mata air sekarang kekeringan, buzzer-buzzer buka link donasi, sibuk bangun mesin air. Kenapa enggak belajar bela alam dari awal?" kata Melanie lebih lanjut.

Melanie lantas memprediksi bahwa Papua kelak bakal mengalami nasib yang sama. Tinggal menanti giliran kerusakan alam.

"Oh Papua, tunggu ya. Kalian giliran berikutnya. Peduli setan kalian belum bisa makan pokoknya infrastruktur didulukan dan pokoknya sawit dan gedung rules!" kata Melanie.

"Mana suara kalian yang dulu maki? Jangan belaga nangis dan belaga kasian sama saudara-saudara yang kena bencana. Kalian punya kesempatan menghalangi ini semua dari awal," lanjutnya.