Bantuan Korban Gempa Sulbar Dijarah, Ramalan Mbak You Soal Penjarahan Terbukti?

Senin, 18 Januari 2021 – 18:31 WIB

Bantuan korban gempa Sulbar dijarah. (Foto: Youtube)

Bantuan korban gempa Sulbar dijarah. (Foto: Youtube)

JAKARTA, REQnews - Sebuah video viral merekam aksi penjarahan di Sulawesi Barat. Bantuan korban gempa dijarah sebelum tiba di lokasi tujuan.

Dalam video tersebut, tampak kendaraan pengantar logistik sembako dihentikan secara paksa sebelum tiba di lokasi gempa. Para pelaku penjarahan yang membawa senjata tajam seperti parang mengancam sejumlah relawan.

Mereka lantas menggondol logistik yang tadinya akan didistribusikan ke korban gempa. Terlihat dalam video, salah satu rombongan relawan yang dijarah adalah dari lembaga penanggulangan bencana Muhammadiyah Disaster Manajamen Center (MDMC).

"Kami dari Makassar jam 5 sore hari Jumat kemarin. Setelah kami tiba di Malunda, Kabupaten Majene, yang berbatasan dengan Tappalang, Kabupaten Mamuju, Sulbar, kami dihadang dan dijarah," kata Wakil Ketua Umum MDMC Makassar, Agus Salim, dikutip Senin, 18 Januari 2021.

Menurut Agus, mereka sempat menghalau warga yang akan menjarah logistik. "Tetapi mereka memaksa dan kami bersama teman-teman akhirnya bersitegang. Kami berusaha melerai tetapi kami malah diancam menggunakan parang," ujarnya.

Akhirnya, seluruh logistik yang terdiri dari mie instan, beras, air mineral, dan susu ludes dijarah tanpa sisa. Sementara itu, rombongan terpaksa meneruskan perjalanan ke lokasi gempa tanpa membawa bantuan logistik.

Sebelumnya, sebuah video berisi ramalan Mbak You viral dan menghebohkan jagat maya. Dalam video itu Mbak You meramalkan bakal terjadinya konflik dan penjarahan besar di tahun 2021.