Naik Pesawat Tapi Bagasi Kamu Hilang dan Rusak? Nih Aturan Kompensasinya

Rabu, 20 Januari 2021 – 02:00 WIB

Bagasi (Foto: Istimewa)

Bagasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Naik pesawat memang menjadi pilihan favorit ketika bepergian dari satu kota ke kota yang lain. Meskipun ongkos terbilang cukup mahal, namun tidak mengurangi minat penumpang yang akan berpergian.

Selain kenyamanan yang diberikan, naik pesawat juga tidak menyita banyak waktu sehingga jauh lebih efektif dan efisien. Namun, pernahkah kalian mengalami barang bagasi hilang atau rusak misalnya?

Pastinya, kehilangan barang atau barang rusak memang menyebalkan. Belum lagi kalau barang-barang itu harus segera digunakan.

Birokrasi yang berbelit dan prosedur yang lama membuat sebagian orang enggan mengurusnya. Eitss, tenang. Sebagai seorang penumpang pesawat, ternyata ada lho kompensasi untuk barang bagasi yang hilang atau rusak.

So, kamu jangan khawatir dan bersikaplah tenang. Seperti apa prosedur mendapatkan kompensasi? Begini caranya:

Hilang atau rusaknya barang bagasi ternyata ada aturan hukumnya. Baik hukum Indonesia ataupun dunia internasional.

Diatur dalam Konvensi Montreal 1999 amandemen Pasal 22 Konvensi Warsawa 1929. Disebutkan bahwa ketika terjadi kerusakan, kehilangan, bagasi musnah atau cacat maka berhak mendapat penggantian bagasi sebesar SDR 1.131 per penumpang atau setara dengan Rp. 21 juta – Rp. 22 juta.

Sementara jika menurut hukum Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

Apabila keseluruhan bagasi tercatat ternyata musnah atau hilang tak terlacak, pihak maskapai wajib mengganti rugi sebesar minimum Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per kg dan maksimal Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) per penumpang.

Sedangkan apabila bagasi tercatat mengalami kerusakan maka harus duganti sesuai ukuran, merk, jenis dan bentuk barang yang hilang.

Kamu juga wajib tahu nih!

1.      untuk bagasi kabin, kamu sebagai penumpang harus dapat membukitkan bahwa kerusakan diakibatkan oleh pihak maskapai karena jika tidak bisa maka pihak maskapai tidak akan memberikan kompensasi dalam bentuk apapun.

2.     Jika pada saat check in kamu sebagai penumpang tidak menunjukkan terdapat barang berharga kemudian mengalami kerusakan maka pihak maskapai juga dibebaskan tanggungjawabnya dalam bentuk apapun.

Pastikan kamu mendapat kompensasi sesuai dengan hukum yang berlaku yahh. Pastikan juga sebelum meninggalkan tempat pengambilan barang, bagasi kamu aman dan tidak ada yang rusak atau hilang. Jika mengalami kehilangan atau kerusakan maka segera melapor.