Sinyal SOS Minta Tolong Terdeteksi di Pulau Laki Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air, Ada Korban Selamat?

Rabu, 20 Januari 2021 – 13:02 WIB

(Sumber: Google Earth)

(Sumber: Google Earth)

JAKARTA, REQnews - Jagat maya dihebohkan dengan video unggahan akun Tiktok @akusyapaaa yang viral. Dalam video tersebut, si pengunggah bercerita jika dirinya mendapat informasi dari video Tiktok yang masuk dalam for your page (FYP) bahwa ada keanehan di Google Maps, tepatnya di titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

Pemilik akun @akusyapaaa itu lantas membuka Google Earth dan mengetik Pulau Laki di pencarian, yang merupakan lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ 182.

Betapa mengejutkan, ternyata muncul tulisan 'tolongin kita' dengan simbol warna hijau tepat di atas Pulau Laki. "Beneran ada tulisannya," katanya, dikutip Rabu, 20 Januari 2021.

Hal serupa juga ditemukan pemilik akun @myworst13. Dalam video Tiktoknya, ia bercerita telah membuka Google Earth dan mengecek Pulau Laki.

Hasilnya, terlihat sinyal SOS di Pulau Laki tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya itu. Sinyal SOS sendiri diketahui merupakan tanda peringatan yang biasa digunakan korban untuk meminta pertolongan.

Tak sampai di situ, pemilik akun Tiktok @khagus_06 justru mendapati tulisan 'Kamis masih hidup' saat melakukan pencarian Pulau Laki di Google Earth.

Hal ini tak pelak membuat publik penasaran, apakah ada korban jatuhnya pesawat Sriwijaya yang selamat dan masih hidup?

"Anjir barusan gw cek Google Earth ada tulisan SOS, merinding," kata seorang netizen.

"Ya Allah siapapun kalo emang disitu masih ada korban semoga ada yang nolongin," komentar netizen lain.

Netizen pun ramai-ramai melapor ke akun Instagram Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Bassarnas), @SAR_Nasional dan meminta agar temuan tanda SOS itu segera ditindaklanjuti.

"Min coba pliss selidiki pulau laki di mas adasinyal gps sos, pliss klai aja ada orang yang masih hidup," kata @junasaputra14.

"Pak cek sinyal SOS di Pulau Laki," kata @Tubagusilham27.

"Pak cek tandas SOS di maps Pulau Laki, Pak. Barangkali ada something yang butuh bantuan bapak. Tapi kalau cuma ada orang iseng, tolong diceburin laut aja," tulis @anindyamahestri.