Gak Terima Dikritik Soal Banjir, Gubernur Kalsel Malah Kasih Somasi ke Netizen Ancam Pakai UU ITE

Kamis, 21 Januari 2021 – 17:02 WIB

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

JAKARTA, REQnews - Kritik-kritik yang ditujukan pada Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor terkait kinerjanya dalam menangani persoalan banjir, malah dijawab somasi.

Ya, Gubernur Kalsel tersebut memberikan somasi bagi para netizen yang melontarkan ujaran kebencian (hate speech), fitnah atau pencemaran nama baik. Sahbirin menyatakan bakal menempuh jalur hukum.

Tim kuasa hukum Gubernur Kalsel itu pun mengatakan bakal melaporkan setiap netizen yang menyudutkan kliennya dan menjerat mereka dengan UU ITE.

Soal somasi tersebut, Koalisi Masyarakat Sipil menilai ini merupakan bentuk nyata dari ancaman pada kebebasan berekspresi dan berpendapat dalam negara demokrasi.

"Sebagai pejabat publik, maka Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, seharusnya tidak memiliki privilese untuk dilindungi atas dasar jabatannya," demikian tertulis dalam rilis yang dikutip Kamis, 21 Januari 2021.

Lebih lanjut, Koalisi Masyarakat Sipil mengatakan bahwa somasi ini bisa menciptakan iklim ketakutan di masyarakat. Dan ini memperlihatkan kegagalan Gubernur Kalsel dalam menyikapi kritik yang disampaikan secara faktual oleh masyarakat.