Gak Salah? Terbukti Tidak Netral Saat Pilkada, Oknum ASN Ini Malah Diangkat Jadi Lurah

Selasa, 26 Januari 2021 – 14:02 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Pengangkatan Irwan Iswandi Rusli sebagai Lurah Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, memunculkan pro kontra.

Pasalnya, baru-baru ini Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) merekomendasikan pemberian sanksi sedang kepada Irwan karena melanggar netralitas ASN dalam pilkada.

Dilansir dari Antara, Selasa, 26 Januari 2021, Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini membenarkan bahwa KASN telah merekomendasikan kepada Wali Kota Tanjungpinang Rahma, agar Irwan Iswandi Rusdi dikenakan sanksi sedang karena terbukti melanggar UU Pilkada dan UU ASN.

"Kami belum mengetahui apakah yang bersangkutan sudah mendapatkan sanksi itu atau tidak. Tetapi baru-baru ini pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Tanjungpinang mempertanyakan surat rekomendasi dari KASN tersebut," katanya.

Lebih lanjut, Muhammad Zaini menjelaskan, saat pelanggaran netralitas ASN terjadi kala itu Irwan menjabat sebagai Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Penyengat.

Dan kini, ia diangkat menjadi Lurah Tanjungpinang Barat oleh Wali Kota.

"Kasus pelanggaran netralitas itu terjadi saat Pilkada Kepri di Tanjungpinang. Irwan memberi 'like' dan komentar pada akun Facebook tertentu yang memuat gambar salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Ini kami telusuri, dan memeriksa para pihak yang terkait," ujarnya.

Meski begitu, Zaini menegaskan pihaknya hanya ingin memastikan apakah rekomendasi pemberian sanksi sudah dilaksanakan atau belum. Sementara soal pengangkatan Irwan sebagai lurah, pihaknya tak ingin ikut campur.