Vaksin Nusantara Banyak Dinyinyiri, dr Tifa: Tidak Semua Hal Anda Tahu, Mentang-mentang Anda Doktor

Senin, 22 Februari 2021 – 21:02 WIB

dr Tifauzia Tyassuma

dr Tifauzia Tyassuma

JAKARTA, REQnews - Ahli epidemiologi dr Tifauzia Tyassuma atau yang kerap disapa dr Tifa ikut berkomentar soal Vaksin Nusantara yang disambut oleh nyinyiran dari banyak pihak.

Menurut dr Tifa, vaksin yang digagas oleh mantan Menteri Kesehatan dr Terawan itu seharusnya diapresiasi karena merupakan buah karya anak bangsa.

"Semua adalah karya anak bangsa yang harus diapresiasi," kata dr Tifa dalam Facebooknya, dikutip Senin, 22 Februari 2021.

Kemudian, kata dr Tifa, selanjutnya tinggal membuktikan kesahihan (validitas) vaksin tersebut melalui uji klinis yang baik. Dan semua nanti tinggal membuktikan keterandalannya (reliabilitas) di lapangan saat bertemu dengan manusia yang menjadi targetnya.

Lebih lanjut dr Tifa menyayangkan sikap para ilmuwan dan doktor yang justru nyinyir terhadap karya anak bangsa.

"Persis seperti berbagai pendapat berbasis kompetensi epidemiologi prediktif yang secara rutin saya sampaikan di sosial media dan media mainstream," katanya.

"Yang menentang, berkomentar negatif, nyinyir, sampai asal bunyi, juga dari sesama ilmuwan dan dokter juga," tambahnya.

Ia pun menyampaikan selamat kepada tim Vaksin Nusantara dan menyarankan mereka untuk terus bekerja serta mengabaikan komentar nyinyir di luar sana.

Dokter Tifa pun berharap Vaksin Nusantara bisa betul-betul efektif dan sesuai dengan yang dipromosikan dr Terawan.

"Tugas Anda bikin yang terbaik. Bikin kami semua tercegang. Bikin kami semua bangga sebagai bangsa," katanya.

Ia lantas mengimbau para ilmuwan dan dokter, untuk tidak usah apriori dan skeptis dulu.

"Jangan sampai anda komentar buru-buru nanti malah malu. Apalagi kalau anda doktor," katanya.

"Sekali lagi, tidak semua hal Anda tahu, mentang-mentang Anda Doktor. Banyak sekali hal-hal baru yang amazing dan bisa saja ditemukan oleh orang yang tidak memiliki pendidikan dan jabatan setinggi Anda," ujarnya.

"Sekali lagi, Buat semua Peneliti Indonesia! Ayo berlomba bikin banyak hal yang bermanfaat, terobosan-terobosan hebat, pemikiran-pemikiran hebat, terutama dalam rangka mengatasi Pandemi ini," tegasnya.