Kisruh di Balik Layar, Heboh PH dan TV Diminta Lunasi Honor Artis yang Bertahun-tahun Gak Dibayar

Selasa, 23 Februari 2021 – 20:32 WIB

Nanda Persada (Sumber: Instagram)

Nanda Persada (Sumber: Instagram)

JAKARTA, REQnews - Di balik dunia keartisan yang identik dengan popularitas dan gelimang harta, ternyata tersimpan fakta miris.

Tak disnagka, banyak artis tanah air yang tak kunjung dibayar honornya selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun meski sudah menyelesaikan pekerjaannya.

Fakta mengejutkan ini diungkapkan oleh Ketua Umum Manajer Artis Indonesia (Imarindo), Nanda Persada. Melalui unggahan Instagramnya, Nanda mengingatkan para pemilik production house (PH) dan produser acara televisi untuk segera melunasi hak para artis yang belum dibayarkan.

"Dear teman-teman PH dan TV yang baik. Tolonglah dibantu ya pembayaran honor para artis yang sudah berbulan-bulan dan bertahun-tahun segera dibayar," tulisnya, dikutip Selasa, 23 Februari 2021.

Nanda mengatakan dirinya paham sulitnya situasi di masa pandemi ini, namun para artis sudah menyelesaikan kewajiban mereka sejak lama.

"Tapi teman-teman artis ini sudah bekerja dan menyelesaikan pekerjaan sekian lama. Mereka punya keluarga," katanya.

Sebagai manajer, pihaknya pun memiliki kewajiban untuk menagih pembayaran honor para artisnya. "Kamipun juga punya staf dan keluarga yang harus diberikan haknya. Tolong dibantu ya, jangan marah ya, kami jangan diblack list ya. Pliss, dan peace," kata Nanda.

Unggahan Nanda ini pun langsung direspon oleh banyak artis.

"Emang paraah kalau sudah ada sampai setahun," tulis Babe Cabita

"Akhirnya ada yang bersuara," kata Vanessa Angel.

"Dua tahun juga nih mas, sampai orang talentnya sudah enggak kerja lagi juga di sana, duh," komentar Gina Youbi.

"Sekarang kalau ada shooting mintanya cash ajah, beberapa kali mereka mau kasih cash," komentar Tika Ramlan.