Lisensi Dicabut, Bolehkah Vincent Raditya Menerbangkan Pesawat Batik Air? Ini Jawabannya

Selasa, 28 Mei 2019 – 15:11 WIB

Capt Vincent Raditya

Capt Vincent Raditya

JAKARTA, REQnews - Kabar duka datang dari pilot Batik Air, Captain Vincent Raditya. Pilot yang juga berprofesi youtuber tersebut harus menelan pil pahit lisensi terbangnya untuk single engine dicabut oleh regulator.

Hal itu dibenarkan oleh Vincent Raditya pada video yang diunggah di akun Youtubenya pada Selasa siang 28 Mei 2019.

"Karena banyaknya orang yang meminta penjelasan mengenai status saya, tadinya saya tidak ingin mengeluarkan video, mungkin saya akan buat video pendek ini untuk kalian semua. Semoga video ini dapat menjelaskan apa yang terjadi, dan jangan bosan tonton Captain Vincent ya :)," kata Vincent dari laman Youtube Vincent Raditya.

Video berdurasi 3 menitan itu menjawab keprihatinan atas pencabutan lisensi tersebut. "Bahwa benar linsensi terbang saya dicabut. Disini baru saya pahami bahwa netizen bukan hanya angka, saya juga paham tahu apa masalah dari video ini, saya menerima dengan ikhlas,"katanya.

Terlepas dari apa sanksi apa yang diberikan Kemenhub, Vincent mengaku terima tidak terima, namun tetap menerima dengan lapang dada. "Jadi para netizen ndak perlu khawatir, walaupun tanpa adanya pesawat itu, saya akan terus berjuang membuat konten, saya hanya berharap terus mengikuti isi dari vlog,"katanya.

Vincent pun hanya bisa pasrah dan yakin bahwa hidup mati ditangan Tuhan, apapun yang ingin orang lain lakukan kepada kita, akan kembali ke Tuhan.

"Saya bukan manusia yang sempurna, banyak yang gak suka sama saya, banyak yang musuhin saya, tapi saya percaya satu hal, saya percaya kepada Tuhan, saya serahkan segala sesuatu kepada Tuhan,"katanya.

Sebagai informasi, meski single engine license dicabut, Vincent masih bisa menerbangkan pesawat berbadan besar seperti Airbus 320 maupun Boeing 737. Hal ini dikarenakan Captain Vincent masih memegang lisensi Multi Engine.

Diketahui perusahaan atau maskapai tempat Captain Vincent bekerja yakni Batik Air, mengoperasikan pesawat Airbus dan Boeing jenis tersebut.

Diberitakan sebelumnya, izin terbang Pilot sekaligus vlogger Vincent Raditya dikabarkan telah dicabut oleh Kementerian Perhubungan. Hal itu disampaikan oleh Lucinta Luna melalui story Instagramnya, Senin kemarin, 27 Mei 2019..

Lucinta Luna yang tak mau diajak kolaborasi vlog Vincent Raditya lantas mengunggah surat dari Kemenhub. "Masih mau ngajak collabs terbang naik pesawat? Ratu mah ogah, takut," tulisnya.


Dalam surat bernomor AU407/0047/DKPPU/V/2019 yang dibuat pada 21 Mei 2019 membeberkan alasan izin penerbangan Pilot Vincent Raditya dicabut. Kemenhub dikabarkan telah melakukan investigasi rekaman video Vincent Raditya yang berasal dari Youtubenya.

Berdasarkan keterangan dalam surat yang diunggah Lucinta Luna tersebut, berikut alasan Kemenhub cabut izin terbang Pilot Vincent Raditya. Beberapa diantaranya adalah penumpang tidak menggunakan shoulder harness atau sabuk pengaman, memberikan kendali terbang kepada orang yang tidak berwenang, dan sengaja melakukan percobaan zero grafity kepada penumpang umum.

Namun saat seorang netizen bertanya kepada Pilot Vincent Raditya, sang pilot menyuruhnya untuk menunggu video klarifikasi. "Tunggu video saya ya," jelasnya

Seusai surat tersebut dibuat pada tanggal 21 Mei, pada tanggal 25 Mei, Captain Vincent masih mengunggah kebersamaannya dengan orang-orang Kemenhub. (KIY)